Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Situs Web Perusahaan Bukan Referensi Utama Para Pencari Kerja

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Jobplanet, platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan survei mengenai sumber informasi lowongan kerja yang menjadi referensi para pencari kerja di Indonesia. Survei tersebut dilakukan melalui situs Jobplanet.com sejak bulan Januari hingga Mei 2016 dan melibatkan 31.500 orang responden yang juga merupakan pengguna Jobplanet.

Berdasarkan survei tersebut, Jobplanet menemukan kebanyakan pencari kerja di Indonesia mengandalkan informasi langsung dari karyawan perusahaan sebagai sumber referensi lowongan kerja mereka, yakni sebanyak 30,33%.

Selain itu, para pencari kerja juga memanfaatkan iklan lowongan kerja (24,94%), situs web perusahaan (13,06%), pusat pengembangan karier di kampus atau universitas (10,55%), serta informasi dari headhunter (2,50%) sebagai referensi mereka. Sementara itu, sebanyak 18,62% responden sisanya mengaku mendapatkan informasi lowongan kerja dari berbagai sumber lain, termasuk beasiswa dengan ikatan kerja dan jaringan pertemanan mereka.

Chief Product Officer Jobplanet Kemas Antonius di Indonesia mengatakan bahwa berdasarkan survei Jobplanet, kebanyakan pencari kerja mengandalkan referensi langsung dari karyawan perusahaan sebagai sumber informasi lowongan kerja mereka.

"Sementara hanya 2,50% responden yang mendapatkan informasi lowongan kerja dari headhunter. Hal itu dapat dimaklumi karena target headhunter pada umumnya adalah para profesional yang memiliki pengalaman dan kompetensi khusus untuk menempati posisi manajerial atau posisi yang lebih tinggi di perusahaan," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Melihat adanya kebutuhan dari para pencari kerja untuk mendapatkan informasi lengkap tentang dunia kerja dan perusahaan serta adanya kebutuhan perusahaan untuk menemukan sumber daya yang berkualitas, imbuhnya, Jobplanet pun melengkapi layanannya dengan fitur Lowongan Kerja.

"Dengan adanya fitur Lowongan Kerja, kami berharap Jobplanet.com dapat menjadi one stop career portal bagi para pencari kerja di mana mereka dapat menemukan kesempatan kerja sekaligus mendapatkan informasi berharga mengenai perusahaan dan dunia kerja. Sebaliknya, HRD perusahaan juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk menemukan kandidat terbaik serta serius dan benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan mereka," ungkap Kemas.

Sebelumnya, Jobplanet telah menampilkan informasi seputar perusahaan yang meliputi review tentang perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara. Semua informasi tersebut berasal langsung dari para karyawan dan mantan karyawan perusahaan dan telah melalui tahap evaluasi dan pengecekan terlebih dahulu sebelum ditampilkan di Jobplanet.com.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, Jobplanet ingin membantu para pencari kerja menemukan pekerjaan dan perusahaan idaman mereka serta mengembangkan karier mereka. Di sisi lain, Jobplanet juga berharap dapat membantu perusahaan dalam mengukur kualitas dan tingkat kepuasan karyawan mereka.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: