Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Asyik, Kini Smartphone Bisa Jadi Asisten Belanja Online

Asyik, Kini Smartphone Bisa Jadi Asisten Belanja Online Kredit Foto: Leli Nurhidayah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang puncak musim belanja pada 12 ?Desember ini, Google meluncurkan sebuah riset mengenai e-commerce tahun 2016 di Indonesia. Hasil riset ini ditujukan untuk memberikan informasi dan membantu marketer e-commerce merancang kampanye yang disiapkan menjelang akhir tahun.

Tren yang mendominasi adalah seluler (mobile), yakni 43% masyarakat Indonesia sekarang memiliki ponsel pintar. Jika dibandingkan dengan negara seperti Singapura atau Korea Selatan, jumlah ini cenderung rendah (masing-masing 91%). Sebanyak 71% mengatakan bahwa smartphone adalah perangkat utama bagi mereka untuk online.

Indikasi lain adalah meningkatnya waktu dalam penggunaan di ponsel pintar. Estimasi yang ada mencatat waktu di atas dua jam (136 menit) setiap harinya, (dengan perbandingan 50:50 untuk aplikasi seluler dan browsing internet via seluler) dibandingkan hanya di bawah satu jam (52 menit) di komputer desktop.

Tren e-commerce Indonesia pada tahun 2016 mencatat? bahwa para ?shopper online Indonesia mencintai situs dan aplikasi yang membantu. Sebanyak 92% mengatakan mereka akan membeli menggunakan sebuah aplikasi atau dari situs yang memberikan informasi yang membantu dan relevan. Riset ini menunjukkan bahwa bagi banyak masyarakat Indonesia smartphone merupakan asisten belanja baru.

?Para ?shopper dengan menggunakan smartphone selalu terbuka tentang pilihannya. Sebanyak 87% mengatakan mereka telah berubah pikiran mengenai sebuah merek atau brand di toko setelah membaca informasi produk di ponselnya.

Perangkat seluler ?(mobile) merupakan gerbang menuju toko. Sebanyak 77% mengatakan mereka telah mengunjungi sebuah toko atau situs yang berhubungan setelah melakukan pencarian informasi sebuah produk di ponsel mereka.

Jelang akhir tahun juga menjadi moment spesial bagi e-commerce. Tahun lalu, brand blibli.com dan Lazada mencatat kenaikan transaksi sebesar 9x dan 10x dari penjualan rata-rata. Kategori tertinggi dari pencarian produk Indonesia selama musim belanja akhir tahun adalah produk kecantikan dan personal care, gadget dan aksesoris, pakaian, serta perlengkapan bayi.

Berdasarkan hasil riset Google, lima brand e-commerce Indonesia yang banyak digunakan di penghujung tahun adalah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, blibli.com.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: