Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel: Langkah Marketing di Era Digital

Telkomsel: Langkah Marketing di Era Digital Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Telkomsel memiliki portofolio bisnis yang luas dan pengakuan brand yang kuat. Operator seluler terbesar di Indonesia mengimplementasikan teknologi seluler untuk memberikan servis terbaik. Dalam perkembangan bisnisnya, Telkomsel menggarap pula pasar digital advertising, digital lifestyle, mobile financial services, dan Internet of Things (IoT).

Brand Telkomsel sangat kuat untuk jajaran layanan telepon seluler di Indonesia. Jaringan yang luas, tercermin dari sebaran BTS yang dimiliki oleh Telkomsel sekitar 49% dari jumlah BTS yang ada di Indonesia saat ini. Anak perusahaan Telkom Indonesia ini memiliki lebih dari 152 ribu BTS.

Dalam membangun positioning perusahaan, Telkomsel turut membangun ekosistem digital di Indonesia. Perusahaan ini melalui berbagai jalan melakukan pengembangan DNA (Device, Network, dan Applications). Di samping itu, perusahaan juga mendorong generasi muda untuk menggunakan teknologi secara positif. Posisi tersebut akan membantu marketing berjalan menuju pasar yang di Indonesia.

Paparan Telkomsel dalam forum marketing belum lama ini menyebutkan implementasi strategi penjualan dan pemasaran berdasarkan sales operation density dan cluster-based campaign. Telkomsel merefleksikan pemahaman kebutuhan pelanggan dari berbagai wilayah dalam tarif. Oleh karena itu, keberagaman tarif yang ditawarkan oleh Telkomsel berdasarkan klaster menjadi lokalisasai tarif. Fleksibilitas harga atau tarif berdasarkan klaster menjadi salah satu keunggulan Telkomsel.

Dalam salah satu akun social media resmi Telkomsel, yakni Twitter, perusahaan melakukan pemasaran dengan berbagai bentuk. Akun yang memiliki follower sekitar 1,3 juta ini menjadi saluran promosi program, interaksi, dan pemasaran oleh Telkomsel.

Telkomsel termasuk perusahaan dengan EBITDA margin yang paling tinggi di antara jajaran perusahaan telekomunikasi pada kuartal I tahun 2017. Margin EBITDA Telkomsel sebesar 59%. Margin tersebut di atas Optus dan Softbank Mobile yang masing-masing sebesar 52% dan 47%. Tingkat kesehatan keuangan perusahaan yang bagus tersebut akan semakin mempermudah para pemasar untuk melakukan penetrasi yang lebih dalam pasar layanan seluler di Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Arif Hatta
Editor: Ratih Rahayu

Bagikan Artikel: