Tiga puluh tahun yang lalu, ketika Pamela Marrone, CEO dan Pendiri Marrone Bio Innovations, Inc. memulai kariernya, wanita masih merupakan sesuatu yang aneh di perusahaan Amerika.
Setiap ada wanita pengusaha, selalu diamati dengan curiga dan sering berharap untuk berhenti sebentar lagi untuk alternatif domestik. Saat ini, wanita hampir 47 persen dari angkatan kerja. Namun, dalam banyak hal, di banyak industri, ada bias institusional yang kuat terhadap cara laki-laki dalam melakukan sesuatu.
“Saya telah bekerja di perusahaan-perusahaan Fortune 500 dan mendirikan dua perusahaan milik saya sendiri. Mengembangkan sifat dan kebiasaan berikut sangat membantu dalam menjadikan saya sebagai wanita di perusahaan Amerika, dan mereka juga dapat membantu Anda mencapai kesuksesan,” kata Marrone.
1. Tingkatkan kepercayaan diri
Bersikap tegas. Didengar di industri yang didominasi laki-laki terkadang berarti belajar untuk tidak membiarkan orang lain berbicara tentang Anda atau mengganggu Anda. Itu tidak berarti Anda perlu mengadopsi perilaku kasar dan menginterupsi orang lain, tetapi itu kadang-kadang berarti memaksa untuk menggunakan suara Anda untuk mengaturnya.
2. Tetap positif
Tidak ada yang menghasilkan itikad baik atau membangun semangat di antara karyawan lain dengan lebih kuat daripada sikap yang baik. Biarkan pikiran Anda berlama-lama pada kemenangan masa lalu Anda, bukan kekalahan, dan fokus pada tonggak yang ingin Anda capai di masa depan.
3. Jadilah pembelajar seumur hidup yang agresif
Terus ikuti berita di area khusus Anda dan di pasar Anda yang lebih luas setiap hari. Manfaatkan setiap seminar yang relevan dan kelas pendidikan berkelanjutan yang Anda bisa. Tetap jadi dirimu sendiri. Diberitahu akan membantu membangun kepercayaan diri Anda, dan Anda akan menjadi sumber berharga bagi rekan tim Anda.
4. Peduli tentang dihormati lebih dari yang disukai
Jika "maaf" yang konsisten dan impulsif merupakan bagian dari tanggapan langsung Anda terhadap suatu perselisihan, hapuslah dari kosakata Anda. Jangan menjadi penyuka. Sebagian besar anggota Ellevate Network percaya bahwa mengatakan "maaf" terlalu banyak dapat merusak komunikasi mereka, dan minoritas yang signifikan berpikir sebaiknya tidak menggunakan kata itu sama sekali. Di dunia korporat, mereka yang selalu mencoba untuk menenangkan orang lain terlalu sering diinjak-injak daripada dihargai.
5. Pelajari cara menangani konflik
Ini tidak berarti menjadi agresif. Juga tidak berarti terus berusaha menghindari konflik. Ketika konflik muncul, cobalah untuk melihat ke depan dan positif: "Jadi bagaimana kita bergerak melewati ini?" Jangan menyerang orang lain secara pribadi, dan jangan biarkan mereka menyerang Anda. Tetap fokus pada masalah yang dihadapi. Berhati-hatilah untuk tidak mengirim email saat Anda marah atau saat Anda emosi. Jangan menyimpan dendam.
6. Ambillah peran kepemimpinan
Akhirnya, jika Anda pandai dalam pekerjaan Anda, kemungkinan Anda akan ditawari kesempatan untuk mengambil kepemimpinan dalam sebuah proyek. Jangan menolaknya. Tetapi jangan menunggu untuk itu juga. Seringkali ada proyek yang tidak ditugaskan atau masalah yang melayang di kantor hanya menunggu seseorang untuk bertanggung jawab atas mereka. Dorong diri Anda untuk menjadi orang yang tepat untuk masalah yang Anda tahu banyak dan dapat Anda atasi.
7. Dapatkan aktif dalam asosiasi wanita
Ada peluang fantastis untuk persahabatan, bimbingan dan jaringan bisnis dalam organisasi, serta dalam industri yang spesifik juga, seperti Asosiasi Wanita dalam Sains. Manfaatkan mereka.
8. Mendukung wanita lain
Bersikaplah etis. Yang satu ini tampaknya sangat jelas—kita semua telah diajarkan beberapa variasi dari ini sejak anak-anak, apakah ini memiliki umpan balik yang baik atau tidak—tetapi terlalu sering tidak diikuti. Ini menangkap dan mematahkan semangat bahwa wanita sering cenderung lebih keras pada pemimpin wanita daripada pemimpin laki-laki, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar sebenarnya lebih menyukai pemimpin laki-laki. Wanita yang memperlakukan orang lain secara adil dan etis cenderung menjadi orang yang lebih bahagia dan karyawan yang lebih produktif.
9. Pertimbangkan untuk menyerang diri sendiri
Ada saatnya dalam karier Anda memutuskan bahwa sepenuhnya bergelut di bidang yang Anda sukai akan lebih mudah untuk memimpinnya. Anda akan menemukan bahwa dibutuhkan kepercayaan diri dan komunikasi tertentu untuk berbicara dengan para investor, dan bahwa hal itu dapat membantu untuk mendapatkan gelar MBA, tetapi sesungguhnya tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk menjadi pengusaha wanita, terutama di agtech. Meskipun wanita hanya menjalankan 5 persen dari perusahaan terbesar saat ini, mereka menjalankan 30 persen dari semua bisnis.
Beberapa generasi terakhir telah membantu membawa lebih banyak wanita ke dalam angkatan kerja dan ke dalam peran kepemimpinan perusahaa. Bekerja untuk membawa wanita lain ke dalam kepemimpinan adalah cara penting untuk memajukan perubahan yang kita butuhkan. Tetapi juga benar bahwa perubahan paling kritis dimulai dengan membentuk diri kita sendiri, area di mana kita memiliki kendali paling besar. Budidaya karakteristik ini akan membantu.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: