Demi beberapa tujuan yang ingin dicapai sebuah bisnis, mereka harus melakukan pembaruan brand atau biasa dikenal dengan re-branding.
Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, merek sebuah bisnis bukan hanya nama dan logo dari bisnis atau perusahan itu sendiri, melainkan artiannya lebih luas, prospek antara pelanggan dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan melakukan re-branding, Anda sebaiknya mengetahui dan mempersiapkan beberapa hal penting.
Berikut Redaksi Warta Ekonomi telah merangkumnya untuk Anda:
1. Mulailah dengan memahami misi dan nilai Anda
Sebelum Anda mengubah citra, penting bagi Anda untuk memahami dengan jelas misi dan nilai-nilai bisnis Anda. Pertimbangkan dan nilai apa yang membuat perusahaan Anda istimewa. Mengapa perusahaan Anda ada, dan nilai-nilai apa saja yang penting?
2. Kembangkan strategi rebranding yang bekerja dengan branding Anda yang sudah ada
Banyak bisnis tidak memiliki kemewahan memulai dari yang bersih. Jika Anda melakukan perubahan sebagian, pastikan untuk memperhitungkan aset merek yang ada. BrandExtract, sebuah perusahaan branding yang berpengalaman menjelaskan kenapa branding yang konsisten penting, dengan mengatakan:
“Merek yang konsisten membantu meningkatkan nilai keseluruhan perusahaan Anda dengan memperkuat posisi Anda di pasar, menarik pelanggan berkualitas lebih baik dengan tingkat retensi yang lebih tinggi dan meningkatkan nilai produk atau layanan Anda. Sebaliknya, perilaku yang tidak menentu dan tidak konsisten dengan cepat menyebabkan kebingungan dan ketidakpercayaan,” katanya.
3. Pertimbangkan pasar dan pesaing Anda
Sebelum Anda mengubah citra, lakukan uji tuntas Anda. Cari tahu apa yang dilakukan pesaing Anda. Tentukan bagaimana Anda berdiri terpisah dari pesaing Anda, dan apa proposisi nilai sejati Anda. Penting sekali agar merek baru Anda menjadi segar dan relevan, tetapi tidak pada saat itu sehingga akhirnya tampak terlalu cepat tertanggal.
4. Berkolaborasi dengan tim Anda
Merek Anda mungkin menjadi salah satu aset bisnis yang paling penting, tetapi sama berharganya orang-orang yang membantu mengembangkan bisnis Anda setiap hari. Sertakan suara dari mereka semua. Beberapa ide terbaik dan umpan balik paling berharga berasal dari departemen yang mungkin tidak Anda harapkan.
5. Kelola rebrand dengan hati-hati
Pengubahan nama sering kali merupakan upaya yang rumit dan panjang. Tanpa rencana yang baik dan kesiapan, pengubahan merek dapat dengan cepat keluar dari rel. Tetapkan tenggat waktu dan persiapkan semuanya dengan pikiran yang matang.
6. Luncurkan perubahan nama Anda dan beri tahu dunia
Bahkan rebrand paling luar biasa terbuang jika Anda tidak pernah benar-benar meluncurkannya. Pastikan Anda merencanakan peluncuran merek ulang dan bersiap untuk menjelaskan mengapa Anda melakukan rebranding. Jangan buat pelanggan Anda kebingungan dengan rebranding yang Anda lakukan, publikasikan secara meluas.
Pengubahan nama adalah pernyataan komitmen bisnis Anda untuk semakin tumbuh. Perubahan tidak pernah mudah, tetapi kadang-kadang, perubahan dapat membawa Anda ke jalan yang lebih baik.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: