Pertama Kali Luncurkan Produk ke Pasar? Hati-Hati, Perhatikan 3 Hal Ini
Ketika meluncurkan bisnis, produk, atau layanan baru, kesalahan yang paling sering dilakukan pengusaha adalah mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus dengan keyakinan bahwa pergi ke pasar dengan "lebih banyak" lebih baik.
Bukan itu. Selama periode peluncuran awal Anda, atau ketika meluncurkan kembali produk atau layanan baru, "lebih banyak" berarti risiko tambahan. Lebih banyak juga berarti kompleksitas yang tidak perlu, serta waktu tambahan untuk pasar, jadi lebih banyak modal akan diperlukan.
Berikut adalah beberapa hal penting untuk diingat ketika Anda bersiap untuk membawa produk Anda ke pasar:
1. Fokus pada satu hal, hal yang paling sederhana
Ketika memulai produk atau layanan baru, masukkan semua energi Anda dan fokus ke produk atau layanan itu. Fokus pada satu hal pada satu waktu. Seharusnya itu bukan hal yang tersulit; itu harus yang paling sederhana, apa yang akan kita sebut produk minimum yang layak (MVP).
MVP memberikan kesempatan untuk belajar paling banyak tentang pelanggan Anda, dengan sedikit waktu, uang dan usaha. MVP menempatkan Anda pada posisi untuk pergi ke pasar dengan cepat, mengumpulkan umpan balik yang berharga dan tidak membuang waktu membangun hal-hal yang tidak diinginkan pelanggan. Strategi ini secara signifikan mengurangi risiko Anda. Ingat, Amazon dimulai hanya sebagai penjual buku online.
2. Ikuti aturan 85 persen
Berjuang untuk kesempurnaan adalah musuh dari setiap peluncuran produk. Sebagai aturan praktis, ketika bisnis atau produk baru adalah 85 persen dari jalan di sana, Anda siap untuk pergi. Tingkat upaya yang diperlukan untuk mencapai 100 persen tidak sebanding dengan waktu dan biaya tambahan pada tahap ini. Anda akan jauh lebih baik mendapatkan sesuatu ke pasar dan mulai menguji.
3. Bersikaplah hebat dalam mengumpulkan, dan belajar dari umpan balik
Setelah Anda meluncurkan, dengarkan dan belajar dari pengguna Anda. Kembangkan umpan balik untuk mempelajari segala hal yang mungkin Anda dapat. Apa yang disukai dan tidak disukai pengguna tentang produk atau layanan? Fitur apa yang ingin mereka lihat ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman mereka? Fitur mana yang tidak berfungsi atau menghasilkan sedikit minat? Lakukan apa pun yang harus Anda lakukan untuk terlibat dengan pengguna Anda.
Itu mungkin termasuk menawarkan insentif untuk mendapatkan umpan balik pada survei atau dalam grup fokus, menjangkau media sosial, atau membuat panggilan keluar untuk mempelajari lebih lanjut.
Bagian tersulit dari proses ini bagi banyak wirausaha adalah sepenuhnya menerima apa yang dikatakan pelanggan kepada Anda. Mengingat semangat Anda dan sepanjang waktu yang Anda habiskan untuk proyek tersebut, Anda mungkin tidak ingin mendengar umpan balik negatif. Anda mungkin cenderung berpikir bahwa pelanggan tidak mendapatkannya.
Tetapi umpan balik adalah alat yang paling berharga yang Anda miliki sebagai seorang pengusaha. Jadi dengarkan, pertimbangkan, dan gunakan apa yang Anda pelajari untuk mengulangi, tingkatkan, atau bahkan buang sebagian dari apa yang telah Anda bangun atau rencanakan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: