Bekraf-88rising Buka Kesempatan Solois Jangkau Pasar Global
Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) secara berkelanjutan mendukung pelaku ekonomi kreatif memasuki pasar global. Salah satu subsektor yang telah mendapat perhatian karena potensinya ialah musik.
Berdasarkan buku OPUS 2019, subsektor musik mengalami perkembangan cukup menjanjikan dengan pertumbuhan PDB 7,59% dan menghasilkan PDB senilai Rp4.426 miliar pada 2016.
Triawan Munaf selaku Kepala Bekraf menjelaskan bahwa International Federation of Phonographic Industry (IFPI) menyatakan musik dapat menjadi pendorong kegiatan ekonomi, penyerap tenaga kerja, meningkatkan ekspor, dan menciptakan sumber pendapatan pajak.
"Berbagai alasan inilah yang melatarbelakangi optimisme Bekraf menjadikan subsektor musik sebagai salah satu prioritas kami," ungkap Triawan.
Dalam buku OPUS 2019, juga dijelaskan bahwa Amerika Serikat menempati peringkat pertama negara tujuan ekspor untuk produk ekonomi kreatif Indonesia pada 2016 dengan persentase 30,24%.
Baca Juga: Mantap! Kemenkop Bilang, Milenial Itu Inisiator Perkembangan Ekonomi Kreatif
"Dengan melihat berbagai aspek ini, Bekraf bekerja sama dengan 88rising menginisiasi program Indonesia Creative Incorporated (Icinic) sebagai upaya memperbesar kesempatan solois Indonesia yang berbakat untuk menjangkau pasar global, seperti Amerika Serikat," tambah Triawan.
Sean Miyashiro, CEO 88rising, mengakui, "Kolaborasi dengan Bekraf adalah inisiatif luar biasa karena kami memiliki kesamaan misi, dan melalui proyek ini, kami memiliki kesempatan melakukan program dengan dampak lebih luas lagi."
Menurutnya, Icinc tidak hanya mendorong vokalis solo baru berbakat untuk mengasah keterampilan dan kemampuan mereka, tetapi juga mengasah kreativitas mereka untuk terus berkembang di lingkungan tepat dengan platform dan sumber daya yang tepat pula.
Beberapa tahun terakhir, 88rising sukses menarik perhatian dunia melalui para musisinya yang berasal dari berbagai negara di Asia, termasuk di antaranya talenta muda Indonesia, Rich Brian.
Pendaftaran Icinc akan dibuka mulai 24 April hingga 31 Mei melalui www.icinc.id. Nantinya, solois terpilih akan berpartisipasi dalam program pelatihan di Los Angeles, California, dan 88rising akan membantu mereka secara langsung menciptakan single debut mereka serta memberikan pemahaman mendalam tentang industri musik global.
Bekraf menyatakan harapan mereka untuk program ini, terutama dalam semangatnya memperkenalkan talenta musisi Indonesia ke pasar global.
"Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat menemukan talenta Indonesia yang mampu bersaing di pasar global dan memperkuat representasi solois Indonesia di pasar global," ujar Triawan.
Baca Juga: SEGO, Gim Lokal Andalan Gorontalo di Bekraf Developer Day 2019
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: