Keputusan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menggandeng PT Mahata Aero Technology (Mahata) untuk menyediakan WiFi di pesawat-pesawat Garuda Group marak diperbincangkan. Selain karena adanya pengakuan pendapatan yang sudah dimasukan Perseroan ke laporan keuangan tahun 2018 juga disebabkan dengan minimnya pengalaman kerja Mahata yang masih tergolong perusahaan start up.
Terkait dengan hal tersebut, Direktur Keuangan Garuda Indonesia menuturkan jika perseroan telah melakukan kajian feasibility study sebelum menjadikan Mahata sebagai partner. Dari hasil kajian, perseroan melihat jika Mahata layak untuk menjadi partner karena tidak mengeluarkan biaya investasi dan mendapatkan value added peningkatan layanan kepada pelanggan dengan adanya WiFi tidak berbayar.
“Sekarang baru Garuda yang punya WiFi tapi WiFi penyediaanya ada biaya. Nah vendor yang sediakan Garuda itu bayar, makanya kita charge ke penumpang Rp300 ribu. Karena penumpang harus bayar, dengan bisnis baru bersama Mahata, Garuda tidak lagi bayar jadi gratis. Kan penumpang juga tidak bayar kita bisa sesuatu yang lebih baik ke penumpang. Jadi perubahan bisnis ini yang perlu dipahami ini adalah upaya perseroan untuk tambah layanan ke penumpang Garuda, Citilink dan Sriwijaya,” jelasnya, dalam paparan publik insidentil, di Tanggerang, Rabu (8/5/2019).
Baca Juga: Garuda Indonesia Bersikukuh Laporan Keuangan Sudah Sesuai
Dalam kesempatan yang sama Direktur Teknik dan Layanan Garuda Indonesia, Iwan Joeniarto mengatakan jika Mahata Group memiliki kontrak kerjasama dengan Luthansa System, Luthansa Tecnik dan Inmarsat.
Kemudian, Mahata juga didukung oleh parent company Global Mahata Group dengan nilai bisnis US$640,5 juta. Mahata pun memperoleh pendanaan dari well vintage Dubai.
Baca Juga: Saham Anjlok, Direksi Garuda Curhat Begini
Terlebih lagi, Mahata menjadi satu-satunya perusahaan yang menawarkan konsep yang berbeda dengan zero investment dan revenue sharing diantara penawaran kerjasama yang masuk ke maskapai penerbangan nasional ini.
“Kita pilih Mahata juga tidak sembarangan, dia punya keunggulan dibanding yang lain karena di zero investment dan zero cost, dan dia memiliki konsep revenue sharing yang datang dari advertising. Hal ini akan mengurangi cost dan dapat revenue sharing,” ujarnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri