Ilmuwan Australia Temukan Bintang Tertua di Galaksi Bima Sakti, Berapa Usianya?

Ilmuwan Australia Temukan Bintang Tertua di Galaksi Bima Sakti, Berapa Usianya? Kredit Foto: NASA
Warta Ekonomi, Sydney -

Ilmuwan Australia telah menemukan bintang yang tertua di galaksi Bima Sakti dengan mata telanjang. Bintang bernama “v Indi” tersebut berusia 11 miliar tahun.

Direktur University of Sydney’s Institute for Astronomi, Profesor Joss Bland-Hawthorn mengatakan kejadian ini sungguh menakjubkan.

“Mengingat mata kita hanya dapat melihat 6.000 dari 100 miliar bintang di galaksi kita. Kemungkinannya tidak tinggi melihat (bintang) yang setua ini,” ujar Bland-Hawthorn, seperti yang dilansir dari The Sydney Morning Herald, Selasa (14/1/2020).

Baca Juga: Kumpulan Bintang Muda Ditemukan di Dekat Galaksi Bima Sakti, Dari Mana Asalnya?

Untuk menemukan Indi, keluarlah di malam hari dan lihat ke barat. Temukan titik paling terang yang bisa dilihat, dekat dengan cakrawala. Terlihat planet kedua dari matahari, Venus.

Geser mata Anda di sepanjang cakrawala ke selatan menuju Southern Cross. Di tengah-tengah antara Venus dan Southern Cross, Anda akan melihat bintang yang terang.

Sementara itu, Wakil Presiden Masyarakat Astronomi Voctoria, Perry Vlahos mengatakan itu tidak terjadi di Melbourne. Untuk bisa menyaksikan Indi memerlukan jalanan yang gelap.

“Bintang itu tidak terlihat dari Melbourne. Itu bukan yang terang,” kata Vlahos.