NASA: Komet Terbesar Bergerak Menuju Bumi

NASA: Komet Terbesar Bergerak Menuju Bumi Kredit Foto: IStock/Romolo Tavani
Warta Ekonomi, Washington -

NASA telah menentukan ukuran komet terbesar yang terlihat, dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble memperkirakan lebarnya sekitar 80 mil, yang lebih besar dari negara bagian Rhode Island.

Menurut badan antariksa Amerika, komet itu melesat melintasi alam semesta dengan kecepatan 22.000 mil per jam, bergerak ke kanan dari tepi tata surya dan menuju ke arah Bumi.

Baca Juga: Hendak Luncurkan 30.000 Satelit Baru, NASA Peringatkan Elon Musk: Bisa Berbahaya Bagi Astronot

Namun, umat manusia tidak perlu panik dulu, karena komet Bernardinelli-Bernstein "tidak akan pernah lebih dekat dari 1 miliar mil jauhnya dari Matahari", yang berada di suatu tempat di dekat planet Saturnus. Bahkan titik ini tidak akan dicapai oleh komet hingga tahun 2031.

"Komet ini adalah puncak gunung es bagi ribuan komet yang terlalu redup untuk dilihat di bagian tata surya yang lebih jauh," kata David Jewitt, profesor ilmu planet dan astronomi di University of California, Los Angeles. (UCLA).

"Kami selalu menduga komet ini pasti besar karena sangat terang meskipun jaraknya sangat jauh. Sekarang kami memastikannya," jelasnya, dilansir Sputnik News, Kamis (14/4/2022).

Pada bulan Februari, penemuan komet terbesar baru ini terungkap di situs pracetak arXiv. Sekarang, artikel tentang itu diterbitkan di The Astrophysical Journal Letters.

Komet pemecah rekor baru ini diyakini berasal dari Awan Oort - tempat bersarang ribuan komet yang terletak di suatu tempat di tepi tata surya. Bernardinelli-Bernstein memberikan pandangan sekilas yang berharga tentang distribusi ukuran komet di Awan Oort, dan karena itu massa totalnya.

Pemegang rekor sebelumnya di antara komet adalah C/2002 VQ94, atau komet Hale-Bopp, yang diperkirakan berdiameter 60 mil. Itu ditemukan pada tahun 2002 oleh proyek Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR), menurut NASA.