Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

YourMedia, Audiens Bisa Berdonasi Tentukan Topik dan Produk Artikel

YourMedia, Audiens Bisa Berdonasi Tentukan Topik dan Produk Artikel Pangeran Siahaan selaku Founder dan CEO Asumsi.co | Kredit Foto: YourMedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perkembangan teknologi telah mengubah cara masyarakat dalam mengonsumsi berita. Industri media pun harus menelap pil pahit disrupsi dan harus siap menghadapi tantangan untuk berinovasi.

Terlebih lagi saat ini semakin banyak media alternatif seperti video dan juga podcast. Salah satu media alternatif itu juga disajikan oleh Asumsi.co, yang mengedepankan kualitas kontennya dalam bentuk video, tulisan, dan juga podcast.

Asumsi didirikan oleh Pangeran Siahaan pada 2015 sebagai sebuah channel YouTube yang fokus mengangkat percakapan hangat seputar situasi politik di Indonesia. Asumsi kemudian berkembang menjadi sebuah media massa multi-platform yang memuat laporan terkini dan ulasan tajam soal politik, sosial, dan budaya pop dengan kaum muda sebagai audiens utamanya.

Baca Juga: Kinerja Anjlok, Jubir Marah ke Media Massa: Kerja Maruf Amin Gak Dianggap Penting!

Pada 2019 lalu, Asumsi.co menjadi salah satu dari dua media asal Indonesia yang menerima dana hibah dari Google News Initiative. Sebagai perwujudan dari inisiatif tersebut, Asumsi.co kini meluncurkan YourMedia yang bisa diakses di https://yourmedia.asumsi.co.

Pangeran Siahaan selaku Founder dan CEO Asumsi.co, menjelaskan, YourMedia adalah sebuah platform yang mengizinkan audiensnya untuk berdonasi terhadap sajian konten pilihan mereka di Asumsi.co. Selain mengedepankan kualitas, Asumsi.co juga percaya bahwa pembaca, pendengar, dan penontonnya adalah bagian dari perubahan lanskap industri media di Indonesia.

Menurut Pangeran, YourMedia adalah bagian dari visi jangka panjang Asumsi yang menempatkan audiens sebagai salah satu stakeholder utama dalam ekosistem medianya. Asumsi.co membuat YourMedia karena percaya pembaca dan penonton bisa dilibatkan lebih dalam proses pembuatan konten. Banyak audiens YourMedia yang merasa konten yang disajikan informatif dan berguna.

"YourMedia adalah langkah pertama kami untuk meningkatkan partisipasi audiens dalam produksi konten kami," ujar Pangeran, Kamis (20/2/2020).

Melalui YourMedia, audiens Asumsi bisa menunjukkan apresiasinya terhadap jenis laporan pilihan mereka, mulai dari video, tulisan maupun podcast, dengan memberikan donasi dimulai dari Rp10.000.

Baca Juga: JALA.ai, Aplikasi Pemantau dan Pengukur Channel Penjualan

Donasi yang dikirim melalui YourMedia bisa dilakukan melalui fitur transfer bank dan juga Go-Pay, seperti layaknya platform e-commerce. Penyediaan fitur ini dilakukan untuk mempermudah proses donasi dari audiens.

"Untuk tahap pertama, audiens kami bisa memberikan apresiasi terhadap konten-konten andalan kami seperti Asumsi Distrik. Tapi untuk tahap berikutnya, kami melihat kemungkinan bahwa audiens kami yang berdonasi pun bisa turut menentukan topik dan kemasan dari produk artikel atau video yang akan kami produksi," lanjut Pangeran.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: