Kisah Perusahaan Raksasa: Turunnya Peringkat Malah Jadikan Deutsche Telekom Taipan Berharga di Eropa
Deutsche Telekom AG atau Deutsche Telekom adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Eropa. Korporasi yang bermarkas di Bonn, Jerman ini mampu mencatatkan namanya berkat berbagai inovasi dalam industri telekomunikasi, khususnya di Benua Biru.
Deutsche Telekom menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka yang terintegrasi di dunia. Jika dilihat dalam data angka, pelanggannya mencapai 235,8 juta orang, memiliki 27,3 juta saluran jaringan tetap, dan yang terakhir saluran broadbandnya di angka 21,3 juta.
Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Pamornya Tak Seterang Pesaing, tapi Legal & General Bergelimang Cuan
Raksasa telekomunikasi asal Jerman secara resmi dibentuk pada 1996. Pembentukkannya tak lepas dari pengambilalihan Deutsche Budespost, perusahaan yang dimonopoli pemerintah Jerman, pada 1995.
Jika ditarik lagi ke belakang, munculnya industri telekomunikasi di Jerman berkaitan erat dengan tumbuh kembangnya perusahaan tersebut. Itu terjadi sejak 1833 ketika telegraf optik pertama kali diperkenalkan di Prusia, Jerman.
Langkah sederhana itu nyatanya mampu membawa perubahan dalam industri di Jerman secara umum, dan telekomunikasi secara khusus. Jika maju lagi ke depan, Deutsche Telekom telah tampil di antara perusahan-perusahaan papan atas dalam Fortune Global 500 tahun 2020 peringkat ke-86. Pertumbuhan pendapatannya dari 2019 ke 2020 hanya sebesar 0,9 persen, sehingga totalnya pada tahun ini hanya 90,13 miliar dolar AS.
Sementara yang fantastis adalah soal laba bersih yang dihasilkan naik 69,3 persen menjadi 4,32 miliar dolar. Aset dan total ekuitasnya masing-masing di angka 191,56 miliar dan 35,58 miliar dolar.
Untuk lebih lanjut, Warta Ekonomi pada Jumat (11/12/2020) akan mengulas secara ringkas kisah perusahaan raksasa asal negeri Bavaria ini, dalam artikel sebagai berikut.
Menyinggung soal munculnya telekomunikasi di Jerman, pada 1846 saluran telegraf pertama telah menghubungkan dua kota terbesar saat itu Berlin dan Postdam. Namun, butuh 31 tahun lagi hingga suara manusia pertama kali berhasil dikirim melalui kabel di Jerman.
Pada 1877, kepala kantor pos pertama dari sistem pos gabungan Jerman Deutsche Bundespost, Heinrich von Stephan, menyetujui percobaan dengan dua telepon yang dibuat oleh penemu Amerika Alexander Graham Bell. Untuk pertama kalinya di Jerman, suara-suara dikirim melalui jarak lebih dari dua kilometer. Von Stephan menyadari potensi media baru dan menempatkan layanan telepon di bawah kendali otoritas posnya, Bundespost.
Pada 1898, jumlah pelanggan telepon Berlin telah meningkat hingga 46.000 --lebih banyak pelanggan daripada di seluruh Prancis. Sejak 1912, kabel telepon Jerman diletakkan di bawah tanah dalam jaringan kabel yang terus berkembang.
Tahun 1920-an membawa layanan panggilan mandiri, jarak jauh, dan telepon seluler ke Jerman. Pada 1926, untuk pertama kalinya, penumpang kereta api yang melakukan perjalanan antara Berlin dan Hamburg dapat menelepon ke mana saja di dunia. Tahun 1933, layanan teleks publik diperkenalkan antara kedua kota tersebut.
Semenjak Adolf Hitler berkuasa pada Januari 1933, Bundespost menjadi instrumen negara totaliter Nazi dan, dengan demikian, mesin propagandanya. Surat dan panggilan telepon secara rutin disadap dan digunakan untuk mengidentifikasi orang Yahudi dan pembangkang.
Antara 1945 dan 1947, perpecahan politik dan akhirnya Perang Dingin pecah antara sekutu Barat dan Uni Soviet. Sehubungan dengan itu, layanan pos di bagian timur Jerman diserahkan ke negara Jerman Timur baru yang didirikan oleh Soviet pada tahun 1949. Nampaknya untuk menjamin kekuasaan penuh pemerintahan sendiri untuk negara Jerman Barat yang baru, pemrintahan itu dijamin oleh Amerika Serikat, Ingris, dan Prancis sejak April 1949.
Bundespost direkomendasikan membagi layanan bisnisnya menjadi tiga, yaitu postdienst (layanan pos), postbank (layanan bank), dan telekom (telekomunikasi), dengan masing-masing manajemen. Konsekuensinya pada 1989, undang-undang baru disahkan Bundestag, parlemen Jerman, menghasilkan pembagian tiga perusahaan terpisah Deutsche Bundespost yakni Deutsche Bundespost Postdienst, Deutsche Bundespost Postbank, dan Deutsche Bundespost Telekom. Setiap perusahaan memiliki dewan manajemen dan akun terpisah.
Reunifikasi Jerman pada Oktober 1990 nampaknya membawa perubahan. Itu membuat telekomunikasi milik Jerman Timur, Deutsche Post terpaksa ditarik ke dalam Budespost. Sayangnya, hanya 10 persen rumah tangga di Jerman Timur yang memiliki telepon, dibandingkan dengan 98 persen di Jerman Barat.
Orang Jerman Timur yang mengajukan permohonan sambungan telepon sering kali menunggu sepuluh tahun dan lebih lama lagi untuk mendapatkannya. Pada tahun 1989, jumlah permohonan telah meningkat menjadi 1,3 juta. Itu semua terjadi karena dua kendala utama, panggilan dari Jerman Timur tidak langsung melainkan disalurkan lewat fasilitas Jerman Barat, dan banyak peralatan telepon Jerman Timur yang ada sebelum Perang Dunia II.
Telekom muncul sebagai salah satu perusahaan terbesar di Jerman timur. Perusahaan mengambil alih hampir semua karyawan dari divisi Telekom Deutsche Post. Hingga 4.000 karyawan Deutsche Bundespost Telekom dikirim ke Jerman timur untuk mendukung rekan baru mereka.
Pada Juli 1994 Undang-Undang Reorganisasi Pos dan Telekomunikasi mengesahkan Bundestag dan Bundesrat, majelis tinggi parlemen Jerman. Namun, undang-undang tersebut mewajibkan pemerintah Jerman untuk menjadi pemegang saham mayoritas di bekas perusahaan Bundespost setidaknya selama lima tahun lagi dan memperpanjang monopoli untuk layanan pos dan telepon hingga akhir 1997.
Pada tanggal 1 Januari 1995, Deutsche Bundespost Telekom bertransformasi menjadi perusahaan saham publik dan berganti nama menjadi Deutsche Telekom AG.
Perusahaan baru itu bekerja keras menarik investor yang akan membeli saham Telekom pada penawaran umum perdana (IPO) perusahaan. Sebagai perusahaan monopoli, Deutsche Bundespost Telekom telah menjadi bisnis yang menguntungkan dengan hasil yang cukup besar untuk anggaran federal Jerman. Namun, basis modalnya sangat menderita pada awal 1990-an karena investasi infrastruktur yang diperlukan.
Beban tambahan adalah biaya pegawai negeri yang harus dibayar oleh Telekom selisih antara tunjangan pensiun yang mereka terima dari dana publik dan 75 persen dari gaji akhir mereka. Pada tahun 1994, anggaran manfaat pensiun perusahaan melebihi anggaran untuk gaji pokok sebesar 50 persen.
Deutsche Telekom meluncurkan kampanye gambar besar-besaran untuk menarik investor swasta Jerman, termasuk logo dan nama merek "T" baru. Manajemen puncak Telekom mendekati bank-bank terbesar di dunia serta investor institusi dan swasta besar lainnya.
Di AS saja, Telekom menyelenggarakan 17 road show. Kedua langkah tersebut sangat berhasil. Dalam dua tahun sejak diperkenalkan, huruf "T" merah muda dikenali oleh sembilan dari sepuluh orang Jerman sebagai logo Telekom.
Sekitar 400.000 orang Jerman membeli saham Telekom yang disebut T-Aktien atau T-Shares. Beberapa bank melakukan pemesanan senilai antara 500 juta dan 1 miliar deutsche mark.
Bulan Juni 1995 Deutsche Telekom mengumumkan aliansi strategis dengan operator Perancis, France Telecom dan perusahaan telepon Amerika Sprint yang disebut Global One. Namun, lima tahun kemudian aliansi yang didorong oleh mantan CEO Ricke melawan perlawanan yang kuat, berantakan.
Pada 18 November 1996, IPO Eropa terbesar hingga saat ini berlangsung. Saham yang sangat oversubscribed memulai debutnya pada 19 persen di atas harga penerbitan pada hari perdagangan pertama.
Lebih dari 700 juta saham T yang dijual kepada investor swasta menyumbang sekitar seperempat dari modal saham Deutsche Telekom. Sisanya masih dipegang oleh pemerintah Jerman. Kesepakatan menjamin bahwa pemerintah Jerman hanya bisa menjual saham kepada pihak ketiga jika Deutsche Telekom setuju.
Pada 1997 saja, perusahaan mengalami kerugian 2 miliar deutsche mark dari investasi buruk di Malaysia dan Indonesia, aliansi Global One, dan dari penjualan telepon dan mesin faks. Pada tahun 1998, layanan telepon seluler menyumbang sekitar seperlima dari pendapatan Deutsche Telekom.
Saingannya, Vodafone telah menjadi pemimpin pasar ponsel Jerman dan meraup untung besar sementara Deutsche Telekom kehilangan uang, terutama melalui anak perusahaan asingnya. Pada tahun 1999 dan 2000 keuntungan Deutsche Telekom turun drastis, karena penurunan pendapatan dari bisnis jaringan fixed-line.
Pada Mei 2001, Deutsche Telekom menyelesaikan pengambilalihan penyedia layanan telepon seluler Amerika VoiceStream Wireless Corporation dan Powertel Inc. Transaksi tersebut dibiayai dengan menerbitkan 1,12 miliar "T-Shares," sebuah langkah yang pada akhirnya mengurangi kepemilikan pemerintah Jerman di perusahaan tersebut hingga sekitar 43 persen. September 2001, lima tahun setelah IPO Deutsche Telekom, sahamnya dinilai di bawah harga saham awal untuk investor institusional. Akibatnya, rencana perusahaan untuk menggunakan sahamnya sebagai "mata uang akuisisi" untuk akuisisi internasional terhenti.
IPO perusahaan memungkinkan Deutsche Telekom menghapus sekitar setengah dari utang 125 miliar deutsche mark. Meskipun Deutsche Telekom tampaknya tidak secara serius terancam oleh pesaing di pasar dalam negeri, perusahaan itu berjuang dengan masalah yang dibuat sendiri.
Pada kuartal pertama tahun 2001 Deutsche Telekom sekali lagi merestrukturisasi organisasi bisnisnya. Sesuai dengan strategi baru perusahaan, semua aktivitas diatur dalam empat divisi bisnis: T-Mobile, T-Online, T-Systems, dan T-Com.
Dalam bidang aplikasi sistem baru, Deutsche Telekom mengambil alih pengembang sistem perangkat lunak debis Systemhaus GmbH dari DaimlerChrysler AG. Di bidang akses jaringan, perusahaan berfokus untuk memenangkan pelanggan baru untuk layanan ISDN digital dan T-DSL broadband kecepatan tinggi. Deutsche Telekom juga mengerjakan T-NetCall, layanan baru untuk panggilan telepon berbasis Internet antara PC dan dari PC ke telepon.
Di tahun 2001 juga, sekelompok pemegang saham mengajukan gugatan terhadap Deutsche Telekom karena meremehkan real estatnya. Perusahaan tersebut diduga telah menuliskan nilai neraca real estatnya sebesar 2 miliar euro, yang mengurangi keuntungan untuk tahun 2000 sebesar 1,5 miliar euro --berdasarkan hukum akuntansi Jerman.
Selama sepuluh tahun terakhir, T-share telah berkembang jauh lebih baik daripada saham kebanyakan pesaing Eropa, hasil dari strategi keuangan yang jelas yang berfokus pada soliditas. Deutsche Telekom memenangkan pemain pasar modal dengan secara konsisten memenuhi atau melampaui target bisnis yang dinyatakan.
Dengan nilai pasar sekitar 75 miliar euro, Deutsche Telekom adalah perusahaan telekomunikasi paling berharga di Eropa.
Investor swasta pada jam pertama, yang menyimpan saham loyalitas mereka dan secara konsisten menginvestasikan kembali dividen mereka di T-share, telah memperoleh pengembalian lebih dari 150 persen dari investasi awal mereka pada akhir 2019.
Selama 25 tahun terakhir, Deutsche Telekom telah berhasil menguasai transformasi teknologi yang cepat dari teknologi informasi dan telekomunikasi dan telah memberikan kontribusi penting untuk membentuk transformasi ini di banyak bidang. Jelas terlihat bahwa transformasi ini akan terus berlanjut dengan kecepatan yang meningkat.
Teknologi utama seperti 5G --generasi berikutnya dari teknologi komunikasi seluler-- sudah berada di blok awal. T-Mobile USA baru-baru ini mulai membangun jaringan 5G nasional di Amerika Serikat.
Di pasar asalnya Jerman, juga, Deutsche Telekom mendasarkan perencanaan jaringannya pada area yang berdekatan. Pada akhir tahun 2020, Deutsche Telekom akan mengoperasikan lebih dari 1.500 antena 5G.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: