Permudah Asuransi Digital, BRI Insurance Tekan MoU dengan PasarPolis
PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance (BRINS) resmi bermitra dengan PT Pasarpolis Insurance Broker (PasarPolis) yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan di Rasa Restaurant, Hotel Ayana Midplaza, Jakarta pada Kamis, (18/2/2021).
Kerja sama kemitraan ini fokus pada peningkatan jaring pengaman (safety net) asuransi mikro dengan cara memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam mengakses perlindungan asuransi dan dengan biaya premi yang lebih terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi.
Baca Juga: Insurtech Tawarkan Produk Asuransi Lebih Murah, Asosiasi: Konvensional Juga Demikian Sejak Dulu
Kolaborasi ini bertujuan untuk memperluas akses asuransi secara lebih inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat di daerah terpencil dan prasejahtera.
CEO BRINS Fankar Umran mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan PasarPolis merupakan salah satu tahap transformasi BRINS dan juga bentuk komitmen BRINS untuk menjangkau dan mulai memperkenalkan asuransi kepada segmen mikro melalui platform digital.
Selain itu juga untuk memperkuat dan memberikan pengalaman digitalisasi bagi pelanggan melalui saluran distribusi digital, terlebih di saat pandemi dan juga untuk jangka panjangnya.
"Sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan ekonomi melalui berbagai stimulus untuk pertumbuhan dan keberlanjutan usaha mikro kecil menengah (UMKM), BRINS mendukung upaya tersebut melalui penyediaan produk perlindungan terhadap keberlanjutan usaha UMKM melalui produk Asuransi Mikro Kerusakan Tempat Usaha," kata Umran, Kamis (18/2/2021).
Umran menuturkan, visi utama BRINS adalah menjadi perusahaan asuransi yang memberikan rasa aman dan manfaat optimal kepada seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, ada beberapa misi yang diemban untuk mewujudkan visi tersebut, yakni melakukan kegiatan asuransi yang sehat, menguntungkan dan berlandaskan pada prinsip-prinsip good corporate governance, serta memberikan pelayanan prima kepada seluruh nasabahnya.
"Kemitraan dengan PasarPolis sejalan pula dengan komitmen BRINS yang mengedepankan sustainability dari berbagai sisi untuk terus berinovasi dan berkolaborasi termasuk dari sisi
digital dalam menyediakan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat secara jangka panjang," tuturnya
Sementara itu, Founder dan CEO PasarPolis, Cleosent Randing mengatakan bahwa kesenjangan akses asuransi dan tidak meratanya distribusi asuransi menjadi tantangan besar di Indonesia.
"Melalui adopsi teknologi di industri ini, kami mampu menjembatani kesenjangan akses bagi masyarakat yang sebelumnya sulit tersentuh layanan asuransi. Kami sangat mengapresiasi kepercayaan yang BRI Insurance berikan kepada PasarPolis," kata Cleosent, Kamis (18/2/2021).
Menurut Cleosent kolaborasi strategis tersebut akan semakin memperkuat misi PasarPolis untuk mengembangkan inovasi teknologi, sehingga dapat menciptakan lebih banyak produk asuransi mikro dengan biaya premi terjangkau yang dapat diakses secara mudah oleh berbagai kalangan masyarakat di seluruh Indonesia.
"Kini, PasarPolis telah mampu memberikan perlindungan asuransi kepada 11% dari populasi masyarakat Indonesia atau sekitar 30 juta masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi capaian positif di tengah inklusi asuransi di Indonesia yang baru mencapai kurang dari 4 persen," katanya.
Cleosent mengatakan, 90% dari konsumen PasarPolis adalah mereka yang sebelumnya tidak pernah membeli polis asuransi (first time buyer), dan 40% pemegang polis PasarPolis merupakan pekerja sektor informal, seperti pengemudi ojek online, kurir, dan pelaku UMKM online.
PasarPolis saat ini juga memiliki lebih dari 80 produk aktif. Semua jenis produk tersebut juga dirancang secara khusus agar dapat meringankan beban dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang unik antara satu sama lain.
PasarPolis bertekad agar perlindungan asuransi dapat hadir di berbagai kalangan masyarakat mulai dari bangun tidur, bekerja, hingga kembali ke rumah.
“Teknologi PasarPolis dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen, mulai dari proses pemilihan produk hingga proses klaim. Kedepannya, PasarPolis juga bertekad untuk terus mengembangkan teknologinya sehingga dapat lebih mudah digunakan oleh masyarakat
prasejahtera dan di daerah terpencil, yang selama ini hanya memanfaatkan teknologi digital secara terbatas,” tambah Cleosent.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Alfi Dinilhaq
Tag Terkait: