Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Goorita Targetkan 5.000 UMKM Rambah Pasar Global

Goorita Targetkan 5.000 UMKM Rambah Pasar Global Goorita | Kredit Foto: Dok. Goorita
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai salah satu sektor penting penunjang perekonomian Negara, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sudah tentu menjadi sektor prioritas yang perlu dikembangkan. Sejalan dengan program pemerintah dan arahan Presiden Jokowi terkait pengembangan UMKM, Goorita memberikan solusi yang dapat memudahkan UMKM untuk merambah pasar internasional dengan memanfaatkan teknologi digital.

Yuwono Wicaksono, Founder Goorita, dalam siaran media, Selasa (23/2/2021) menjelaskan, Goorita merupakan platform one stop solution UMKM Indonesia untuk going international. Goorita menjembatani permasalahan yang sering dihadapi oleh para UMKM dalam melakukan ekspor produk lokal ke mancanegara, diantaranya proses pemasaran hingga pengiriman barang ke luar negeri.  Baca Juga: Temui Teten Masduki, Shopee Bongkar Dominasi Pedagang Lokal dan UMKM Capai 97%

Yuwono mengungkapkan, dia melihat produk Indonesia memiliki peluang dan market yang potensial di pasar global, khususnya Amerika dan Eropa. Selain itu, minimnya pemahaman ekspor menjadi kendala sebagian besar pelaku UMKM di tanah air untuk memasarkan produk ke pasar global. Mengusung tagline ‘Ready to Fight for Indonesia’, Goorita hadir membantu UMKM tanah air mulai dari pemasaran hingga pengiriman produk sampai tujuan melalui tiga layanan unggulan, diantaranya Marketplace, Fullfillment dan Logistics.

Lebih lanjut Yuwono menjelaskan, Goorita terkoneksi dengan beberapa marketplace Internasional seperti eBay dan Amazon untuk mempermudah UMKM dalam memasarkan dan mengelola toko online mereka di marketplace global tersebut. Mulai dari pembuatan toko online, listing produk, manajemen stok, proses pesanan, pengiriman barang, monitoring pengiriman hingga pembayaran dari pembeli semuanya dengan mudah dapat dilakukan melalui satu platform digital Goorita. 

“Untuk para UMKM yang belum terbiasa menggunakan platform digital, Goorita juga siap memberikan pembinaan agar UMKM tersebut bisa naik kelas siap ekspor,” jelas Yuwono. 

Melalui fullfillment, Goorita membantu pelaku UMKM Indonesia yang sudah memiliki toko dan pembeli dari luar negeri dengan cara memudahkan proses operasional dan logistik yang umumnya sangat menyita waktu dan tenaga mereka. Mulai dari penyimpanan produk di gudang, manajemen stok barang, proses pesanan dari marketplace terintegrasi, packing hingga pengiriman sampai ke tangan pembeli semua dilakukan oleh Goorita melalui layanan Fulfillment. Dengan layanan ini diharapkan UMKM dapat fokus ke proses produksi dan pemasaran barang tanpa harus disibukkan dengan operasionalnya.

Sementara untuk urusan logistik, Goorita telah bekerjasama dengan perusahaan logistic internasional dan domestik dalam pengiriman barang. Dengan layanan logistik ini, UMKM dapat mengirimkan barang dengan tarif pengiriman internasional yang bersahaba . Dengan menekan biaya pengiriman internasional, otomatis harga jual produk lokal di luar negeri bisa menjadi semakin kompetitif. Layanan logistik ini juga dapat dengan mudah diakses melalui platform Goorita yang sudah dilengkapi dengan kalkulasi otomatis shipping rate dengan pilihan layanan pengiriman tercepat atau termurah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing UMKM.

Pria yang akrab disapa Sony ini juga menambahkan, selain pemasaran online, Goorita juga membantu pemasaran produk secara offline yang dipasarkan toko offline store setempat dan komunitas WNI di berbagai Negara. Goorita membantu memasarkan produk UMKM secara offline baik offline store juga komunitas diaspora diberbagai negara. 

Dengan program 10.000 Indonesian Diaspora for UMKM, dia berharap bisa memberdayakan Diaspora Indonesia yang jumlahnya sangat banyak tersebar di seluruh dunia. Saat ini Goorita telah membantu kurang lebih 270 pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri dengan total kiriman mencapai 10 Ton. 

“Tahun ini (2021) kami menargetkan sebanyak 5.000 pelaku UMKM bergabung dengan Goorita,” sambung Sony.

Adapun keuntungan bagi UMKM bergabung dengan layanan Goorita diantaranya; dapat menjangkau ke milyaran pembeli di dunia, kemudahan memasarkan produk secara online melalui marketplace global, tarif pengiriman internasional yang “UMKM friendly”, pilihan solusi ekspor yang dapat disesuaikan kebutuhan, dan pembinaan, edukasi dan informasi terkait bisnis ekspor. 

“Selain proses pemasaran dan pengiriman ke luar negeri, Goorita juga memiliki program layanan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM di seluruh Indonesia yang bergabung dan mendaftarakan diri di Goorita” tambah Sony. 

Sejauh ini Goorita bangga bisa menjadi bagian dalam pemulihan perekonomian bangsa ini dengan cara mengembangkan UMKM khususnya dalam membantu mereka melakukan ekspor. Pihaknya juga mengajak semua pihak antara lain pelaku UMKM, para pengusaha, invetor, local brand owners, instansi pemerintah, komunitas UMKM, Diaspora dan seluruh lapisan masyarakat untuk selalu optimis dan bersama-sama memajukan sector UMKM.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: