Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Algoritma YMYL?

Apa Itu Algoritma YMYL? Kredit Foto: Reuters/Jason Lee
Warta Ekonomi, Jakarta -

Konsep YMYL berasal dari pembaruan yang dibuat oleh Google terhadap pedoman penilai kualitas penelusurannya beberapa tahun yang lalu. Dan sejak itu menjadi sumber kekhawatiran bagi pemasar dan pakar SEO.

Jadi, apa itu YMYL? Mengapa YMYL itu penting dan apa faktor penting untuk meningkatkan peringkat halaman atau situs web YMYL? Mari kita simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Algoritma E-A-T?

Definisi Dari Algoritma YMYL

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa YMYL adalah singkatan dari "Your Money or Your Life." Seperti yang tersirat dari namanya, ini dimaksudkan untuk merujuk ke laman atau situs tempat beberapa jenis transaksi moneter terjadi. Tapi ada lebih dari itu, ini juga dapat berlaku untuk berbagai situs yang melibatkan produk, layanan, konsep atau praktik kesehatan yang dapat memengaruhi kesejahteraan pengunjung situs.

Pedoman Google tentang situs YMYL juga sudah ada sejak lama. Pedoman penilai kualitas penelusuran mereka tidak benar-benar mendeskripsikan algoritma peringkat mereka dan sebenarnya hanya diperuntukan bagi karyawan Google untuk mencoba menilai situs web secara objektif menggunakan akal dan rasio manusia (pada dasarnya untuk memberi tahu Google seberapa baik kinerja algoritmanya). Tetapi banyak pemasar dan spesialis SEO mencari mereka untuk menunjukkan kualitas baik apa yang mungkin sedang dipikirkan Google, dan sebagai petunjuk tentang bagaimana cara kerja algoritma tersebut.

Pada bulan September 2019, Google meluncurkan pembaruan pada algoritmanya yang akhirnya mengguncang peringkat untuk banyak situs, terutama situs yang berfokus di dunia kesehatan, kedokteran, dan perawatan.

Ini mendapatkan nama yang tidak resmi sebagai medical update dan menyebabkan banyak situs web perlu memikirkan praktik terbaik untuk mengoptimalkan SEO pada situs YMYL. Ini juga membuktikan bahwa menyediakan konten yang andal dan berkualitas tinggi dalam hasil penelusuran adalah salah satu tujuan utama Google. Google ingin memastikan bahwa penelusur tidak tertipu oleh konten yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mereka atau memberi mereka sebuah informasi dan wawasan yang tidak relevan.

Ini berarti bahwa situs dan halaman situs YMYL perlu menyediakan konten berkualitas tinggi yang dapat memberi mereka peringkat SEO YMYL yang lebih baik. 

YMYL juga merupakan cara Google untuk merujuk pengguna agar menghindari laman web dan konten yang dapat berdampak negatif pada kualitas hidup orang atau keuangan mereka. 

Google memberikan contoh halaman YMYL sebagai berikut:

Berita dan peristiwa terkini: Berita tentang topik penting seperti peristiwa nasional dan internasional, bisnis, politik, sains, teknologi, dan lainnya.

Kewarganegaraan, pemerintahan, dan hukum: Informasi penting yang ditujukan untuk warga negara, seperti informasi tentang pemungutan suara, lembaga pemerintah, lembaga publik, layanan sosial, dan permasalahan hukum.

Keuangan: Nasihat keuangan atau informasi mengenai investasi, pajak, perencanaan pensiun, pinjaman, perbankan, atau asuransi, terutama laman web yang memungkinkan orang melakukan pembelian atau mentransfer uang secara online.

Belanja: Informasi tentang atau layanan yang berkaitan dengan penelitian atau pembelian barang dan jasa, khususnya laman web yang memungkinkan orang melakukan pembelian secara online.

Kesehatan dan keselamatan: Nasihat atau informasi tentang masalah medis, obat-obatan, rumah sakit, kesiapsiagaan darurat, dan lainnya.

Komunitas: Informasi tentang atau klaim yang berkaitan dengan sekelompok orang,  namun tidak terbatas pada yang dikelompokkan berdasarkan ras atau asal etnis, agama, kecacatan, usia, kebangsaan, status veteran, orientasi seksual, jenis kelamin, atau identitas gender.

Lainnya: Ada banyak topik lain yang berkaitan dengan keputusan besar atau aspek penting dari kehidupan orang-orang yang dengan demikian dapat dianggap sebagai YMYL, seperti kebugaran dan nutrisi, informasi soal perumahan, informasi dalam memilih perguruan tinggi, mencari pekerjaan, dan lainnya.

Mengapa Algoritma YMYL Itu Penting?

Google ingin memberikan konten terbaik untuk setiap kueri dan juga ingin pengguna tahu bahwa mereka dapat mempercayai hasilnya. Sebagai mesin telusur, ini semua tentu saja akan dilakukan demi kepentingan terbaik Google, tetapi kemunculan berita palsu atau hoaks dalam beberapa tahun terakhir dan pengungkapan bahwa SERP Google telah dimanipulasi oleh penerbit sayap kanan memaksa raksasa teknologi tersebut untuk mengambil sikap yang lebih agresif terhadap konten yang tidak dapat diandalkan.

Setahun kemudian, Google memperbarui panduan peringkat kualitas pencarian yang banyak menonjolkan algoritma E-A-T dan YMYL sebagai alat untuk menentukan keandalan konten. Bagi pemasar, aspek yang paling penting adalah bahwa halaman YMYL juga termasuk kedalam pembaruan algoritma inti Google, sehingga kita semua dapat menilai betapa pentingnya algoritma YMYL.

Faktor Penting untuk Meningkatkan Peringkat Konten YMYL

Ada tiga faktor penting untuk menentukan peringkat konten YMYL, antara lain:

1. Kualitas halaman menentukan tujuan halaman web tersebut dan apakah sesuai dengan kueri penelusuran pengguna atau tidak.

2. Kualitas halaman juga mempertimbangkan apakah halaman web telah dibuat untuk membantu pengguna. Situs web yang telah dibuat untuk merugikan, menipu, atau menyedot uang semuanya akan mendapatkan PQ serendah mungkin.

3. Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan halaman yang menurut Google dapat "membantu" dalam menetapkan peringkat PQ yang lebih tinggi. Halaman yang dimaksud :

- Berbagi informasi tentang suatu topik

- Mengekspresikan pendapat atau sudut pandang

- Mengizinkan pengguna memposting pertanyaan untuk dijawab oleh pengguna lain

- Menjual produk atau jasa.

Berikut adalah beberapa cara praktis dalam menetapkan standar PQ sehingga akan membuat situs Anda mendapatkan peringkat untuk konten berjenis YMYL:

- Memerlukan basis pengetahuan yang dapat menjawab banyak pertanyaan terkait konsumen dan menyediakan mekanisme peringkat untuk menilai dan mengulas jawaban yang diberikan.

- Mengizinkan konten buatan pengguna yang juga dapat dinilai dan ditinjau oleh Anda.

- Berbagi informasi tentang topik dan subjek tertentu dalam blog yang disusun dengan baik dan otentik.

- Berbagi informasi pribadi dan informasi sosial melalui platform media sosial seperti Facebook, YouTube, Twitter, dan lainnya.

- Memberikan informasi instan untuk setiap pertanyaan menggunakan alat pencarian internal.

Hal ini membawa kita kembali ke algoritma E-A-T, yang berarti Expertise, Authority, dan Trustworthiness. Pada dasarnya, Google lebih menekankan pada keahlian seseorang yang menerbitkan konten, otoritas situs web Anda, dan kepercayaan konten Anda.

Google telah memiliki standar peringkat kualitas halaman yang sangat tinggi untuk setiap halaman YMYL karena halaman YMYL berkualitas rendah berpotensi berdampak negatif pada kebahagiaan, kesehatan, stabilitas keuangan, atau keselamatan seseorang.

Keberadaan algoritma E-A-T sangat penting untuk semua jenis konten dan pembaruan terkini menunjukkan bahwa ini adalah faktor besar untuk semua bentuk penelusuran saat ini. Namun, Google sangat bergantung pada algoritma E-A-T ketika menentukan bahwa konten Anda dapat memengaruhi kualitas hidup orang dengan cara apa pun.

Berikut cara lain untuk mengoptimalkan konten YMYL:

• Tentukan apakah situs web, halaman, dan konten Anda dianggap YMYL atau tidak.

• Pastikan konten Anda dipublikasikan oleh orang-orang dengan keahlian asli sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

• Buat profil online dengan keahlian yang dapat dibuktikan oleh pembuat konten Anda: biografi penulis, konten relevan yang diterbitkan atas nama mereka di situs eksternal tepercaya, tautan ke profil media sosial mereka, kutipan dalam konten eksternal yang relevan, dan lainnya.

• Jangan menawarkan nasihat yang tidak dapat Anda berikan, terutama pada topik YMYL seperti kesehatan, keuangan, kesejahteraan, hukum, dan lainnya.

• Pastikan konten Anda akurat secara faktual.

• Berjejaring dengan situs terpercaya di industri Anda untuk mendapatkan peluang.

• Gunakan banyak data untuk mendukung klaim Anda dan pastikan Anda mendapatkan angka dari sumber tepercaya.

• Jika Anda membuat konten afiliasi, pastikan itu benar-benar membantu orang membuat keputusan pembelian yang tepat, jangan hanya mengarahkan mereka ke sekumpulan tautan afiliasi.

• Moderasi konten yang dibuat pengguna untuk memastikannya tidak mengancam prospek E-A-T Anda.

• Yang terpenting, pastikan Anda memenuhi syarat untuk menawarkan saran yang diberikan dalam konten Anda dan tidak terlibat dalam taktik penipuan. Korban terbesar dalam pembaruan algoritma inti baru-baru ini adalah situs web YMYL yang menawarkan saran tentang topik seperti kesehatan, keuangan, dan topik serius lainnya tanpa adanya keahlian yang dapat dibuktikan.

Google perlu melihat keahlian ini dalam format yang dapat dikenali (tautan, kutipan, dan lainnya.) Jadi buat profil online Anda dan kembali perika ke semua konten yang ada untuk mengoptimalkannya dengan E-A-T dan YMYL.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: