19 Juta Orang Diprediksi Hilir Mudik saat Nataru, Satgas Siapkan Skenario PPKM Sampai Akhir Tahun

19 Juta Orang Diprediksi Hilir Mudik saat Nataru, Satgas Siapkan Skenario PPKM Sampai Akhir Tahun Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengungkapkan telah menyiapkan skenario penerapan PPKM hingga akhir tahun guna menghindari lonjakan kasus pascaliburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pasalnya, 19 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan pada periode tersebut.

"Mungkin akan lebih dari 19 juta [orang] yang hilir mudik menikmati libur Nataru. Dari aglomerasi Jabodetabek sendiri [diprediksi] ada 4 juta orang yang keluar masuk," ujar Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting dalam dialog virtual KPCPEN, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Satgas Ingatkan Pandemi Belum Usai: Penularan di Tingkat Komunitas Masih Ada

Satgas menilai, kebijakan PPKM merupakan alat yang paling ampuh dalam menekan penularan virus Covid-19. Hal tersebut terlihat dari positivity rate yang bisa dikendalikan setelah lonjakan kasus pada Juli lalu.

"Jadi, prestasi yang kita lihat dari bulan ke-7 hingga bulan ke-10 itu adalah bukti bagaimana PPKM ini sebagai instrumen bisa mengendalikan dan menanggulangi Covid. Ini yang akan kita pertahankan sampai di akhir tahun sehingga nanti di awal tahun 2022 kita tidak memasuki lonjakan kasus," ujar Alexander.

Ia memaparkan, pengetatan ini akan dilakukan di tingkat kabupaten/kota hingga desa/kelurahan untuk menghindari kerumunan selama Nataru. Di sisi lain, pemerintah juga telah memangkas cuti bersama hingga larangan cuti di masa libur Nataru bagi PNS.

"Tentu ini memerlukan kerja sama kita, semangat kita bersama, untuk bisa menanggulanginya secara bersama-sama. Jadi, ini harapan kita," tandasnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini