Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ya Ampun... Ngeri Banget! Ternyata Buang Air di Toilet Sambil Main Ponsel Bisa Menyebabkan...

Ya Ampun... Ngeri Banget! Ternyata Buang Air di Toilet Sambil Main Ponsel Bisa Menyebabkan... Kredit Foto: Toto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini, banyak orang pergi ke toilet bersama dengan ponselnya. Mereka menelusuri Instagram, menonton YouTube, membaca email, atau bahkan chatting-an. Alasannya adalah agar tidak bosan selama buang air besar.

Akan tetapi, ini semua akan membuatmu berada di toilet lebih lama dari yang seharusnya. Kamu mungkin menganggap ini sebagai hal yang sepele dan tidak punya dampak buruk. Akan tetapi, penelitian membuktikan kebiasaan ini bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan

Baca Juga: Penting! Ini yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes yang Mengalami Hipoglikemia saat Mengemudi

"Tidak seperti duduk di kursi, yang memberi kamu dukungan, pantat menggantung ke tengah kloset," kata ahli gastroenterologi dan neurogastroenterologi Kyle Staller, MD, direktur Laboratorium Motilitas Gastrointestinal di Rumah Sakit Umum Massachusetts, dikutip pada Kamis, (4/11/202). 

Wasir adalah salah satu masalah kesehatan yang mungkin akan kamu alami saat duduk terlalu lama di toilet. Wasir sebenarnya adalah bagian alami dari tubuh, namun bisa menjadi masalah pada saat meradang atau bengkak. Pembengkakan dapat muncul di dalam rektum, yaitu saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus, atau di sekitar anus.

"Ketika duduk di kakus, kamu mengekspos area dubur sehingga ada tekanan langsung, terutama jika sedang berusaha untuk buang air besar," kata Ugo Iroku, MD, ahli gastroenterologi dari New York Gastroenterology Associates.

Baca Juga: Hmm… Apakah Gula Aren Lebih Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

"Tekanan ini menutup pembuluh darah hemoroid sehingga darah terkumpul di dalamnya dan menyebabkannya menonjol," ujarnya. 

Selain wasir, kamu juga berpotensi mengalami sembelit. Kamu mungkin mengira bahwa duduk berlama-lama di kloset akan memudahkan untuk buang air besar. Faktanya, itu hanya menyebabkan hal sebaliknya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan