Hadirnya Erdogan Bikin Iran dan Turki Kompak Teken Kesepakatan Ini

Hadirnya Erdogan Bikin Iran dan Turki Kompak Teken Kesepakatan Ini Kredit Foto: AFP

Iran dan Turki akan melanjutkan pembicaraan diplomatik tingkat tinggi untuk merancang "peta jalan kerja sama jangka panjang" untuk meningkatkan hubungan.

“Kami berharap untuk menyelesaikan peta jalan dalam kunjungan masa depan ke Teheran oleh Tuan (Recep Tayyip) Erdogan, presiden Turki yang terkemuka,” kata Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian pada Senin (15/11/2021), dikutip laman Al Jazeera.

Baca Juga: Iran Ngaku Deg-degan saat Pesawat Bomber Amerika dan Jet Tempur Iran Melintas

Pengumuman oleh Menlu Iran dilakukan saat berdiri di samping Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada konferensi pers di Teheran, tanpa mengumumkan tanggal tertentu untuk kunjungan.

Ini adalah kunjungan tingkat tinggi pertama ke Iran oleh seorang pejabat Turki sejak Presiden Ebrahim Raisi memulai masa jabatan pertamanya sekitar tiga bulan lalu. Itu juga merupakan kunjungan pertama yang diterima Amirabdollahian sejak dites positif COVID-19 pada awal November.

Menteri luar negeri Iran mengatakan dia dan Cavusoglu membahas hubungan bilateral, kawasan terutama Afghanistan dan hubungan internasional.

Sebagai pemerintah “pragmatis”, katanya, Teheran dan Ankara sepakat untuk bekerja sama untuk menghilangkan hambatan dalam cara memperluas perdagangan, energi, lingkungan, dan hubungan konsuler sambil juga memfasilitasi perdagangan sektor swasta.

“Saya ingin menekankan bahwa hubungan kedua negara sangat dalam, historis, dan intim, dan dalam mengembangkan hubungan ini, kami akan memberikan perhatian khusus pada hal ini,” tambah Amirabdollahian.

Cavusoglu memulai dengan mengungkapkan simpatinya atas gempa bumi hari Minggu di dekat Bandar Abbas di mana satu orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

Untuk menggarisbawahi bahwa pembicaraan berjalan dengan baik, ia merujuk pada sebuah puisi oleh mendiang penyair terkenal Sohrab Sepehri, berjudul "Di Mana Rumah Teman?"

“Saya selalu melihat rumah teman di Teheran,” kata menteri luar negeri.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini