Luhut Mengaku Indonesia Bergantung pada China, Rocky Gerung: Gilanya Kabinet Kita!

Luhut Mengaku Indonesia Bergantung pada China, Rocky Gerung: Gilanya Kabinet Kita! Kredit Foto: Instagram/Luhut Binsar Pandjaitan

Pengamat politik, Rocky Gerung menyoroti pernyataan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) yang mengakui ekonomi Indonesia sekarang ini bergantung pada China.

"Sinyal semacam ini yang akhirnya membatalkan seluruh arogansi dari pemerintah ini kan. Karena memilih untuk proxy dengan China dan gak punya hitungan sebetulnya, secara stragetis apa untungnya?" kata Rock Gerung di kanal youtubenya, Selasa (23/11/2021).

Rocky juga mengatakan pengakuan LBP menandakan bahwa perdagangan dengan China selama ini sebetulnya lebih banyak merugikan.

Baca Juga: Romo Benny Senggol MUI, Rocky Gerung Geram: Dia Malah Bodoh dengan Mengucapkan Itu!

"Jadi yaudah sudah terjadi, sehingga Presiden pesimis dengan keadaan, Pak Luhut juga akhirnya mengerti bahwa perdagangan dengan China selama ini sebetulnya lebih banyak merugikan Indonesia dari segi geopolitik terutama, karena persekutuan dengan China sekaligus berarti blok untuk melawan Amerika," terangnya.

Dalam video yang sama, Rocky menilai hal tersebut merupakan kesalahan menyusun strategi yang menurutnya sudah disadari Jokowi.

Menurutnya, Jokowi sudah mengeluhkan perekonomian yang memburuk dan daya serap China terhadap ekspor Indonesia juga turun.

Rocky menilai kesalahan tersebut tidak hanya dirasakan Jokowi dan LBP, melainkan juga Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang menunjukkan gelagat sama terkait perekonomian Indonesia.

Namun, ia dibuat heran dengan sikap Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang justru masih sangat optimis.

"Jadi bagaimana mungkin di dalam kabinet ada 2 psikologi, yang tiga orang menteri utamanya, (dan) Jokowi sendiri, Luhut dan Sri Mulyani pesimis, (tapi) Airlangga optimis, juga beberapa pejabat bank kan optimis, ini memusingkan investor dan dunia usaha untuk mengatur perencanaan tuh," tuturnya.

"Ini gilanya kabinet kita, di dalamnya sendiri berbeda pandangannya, yang satu pesimis, yang satu optimis," tambahnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Populis Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Populis.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini