Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Meiji Yasuda, Asuransi Jiwa Jepang Tumbuh Besar Usai Merger

Kisah Perusahaan Raksasa: Meiji Yasuda, Asuransi Jiwa Jepang Tumbuh Besar Usai Merger Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Meiji Yasuda Life Insurance Company adalah perusahaan asuransi jiwa Jepang dari Tokyo. Namanya kini ada di antara perusahaan raksasa lain menurut Fortune Global 500. 

Meiji mengumpulkan 37,57 miliar dolar AS untuk pendapatannya, sedangkan keuntungan yang didapat perusahaan hanya 1,91 miliar dolar. Di sisi lain, asetnya yakni sebesar 394,31 miliar dolar. 

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Vale, Operator Logistik Terbesar Brasil Bidang Logam dan Tambang

Dilansir berbagai sumber, Meiji Yasuda didirikan didirikan pada 2004 dari penggabungan Meiji Life dan Yasuda Life. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan asuransi tertua dan terbesar di Jepang. 

Perusahaan Asuransi Jiwa Meiji Yasuda adalah anggota grup Mitsubishi dan Fuyo dan berpartisipasi dalam Konferensi Jumat sebelumnya.

Perusahaan Meiji mengawali bisnisnya tahun 1881. Adalah Taizo Abe, mantan murid Yukichi Fukuzawa, mendirikan Perusahaan Terbatas Asuransi Jiwa Meiji bersama-sama dengan Heigoro Shoda dan pionir awal lainnya dari konglomerat Mitsubishi.

Meiji Life adalah perusahaan pertama di Jepang yang menyediakan layanan asuransi jiwa modern, di mana premi ditentukan berdasarkan perkiraan tingkat kematian dan faktor aktuaria lainnya.

Sementara itu, tahun 1880, Zenjiro Yasuda mendirikan “Kyosai Gohyakumei-Sha,” sebuah perusahaan bantuan bersama yang didukung oleh 500 kontributor. Pada awalnya, organisasi ini mengadopsi “assessment insurance”, sebuah sistem yang mewajibkan kontributor dalam jumlah terbatas untuk menanggung biaya klaim asuransi yang dibayarkan secara merata, dengan tujuan menyediakan sistem asuransi yang mudah dipahami.

Untuk meningkatkan pelayanannya, pada tahun 1894 Kyosai Gohyakumei-Sha direorganisasi menjadi “Kyosai Seimei Hoken Goshi Gaisya”, sebuah perusahaan asuransi jiwa modern yang saling membantu, sehingga meletakkan dasar bagi pengembangan The Yasuda Mutual Life Insurance Company.

Meiji Yasuda Life harus tetap setia pada satu misi, yaitu memberikan dukungan seumur hidup kepada setiap pelanggan untuk memastikan kesehatan dan ketenangan pikiran mereka. Komitmen kami untuk memenuhi misi ini dirangkum dalam filosofi manajemen kami “Kedamaian pikiran, selamanya.”

Untuk mewujudkan aspirasi ini, lambang dan logo perusahaan kami dirancang menggunakan warna hijau dan kuning. Hijau mewakili keinginan kami untuk tumbuh bergandengan tangan dengan pelanggan kami seperti daun hijau segar, sementara kuning melambangkan kehangatan sinar matahari yang menyinari kehidupan mereka.

Selain itu, lambang perusahaan dibentuk dengan lekukan lembut yang menggugah hati sambil juga menunjukkan buaian yang menggendong bayi dengan lembut. Bentuk persegi panjang logo perusahaan yang diperpanjang dimaksudkan untuk mengkomunikasikan harapan kami untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan kami.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: