Perum Damri mencatat telah melayani sebanyak 401.664 penumpang dengan berbagai daerah tujuan selama dua pekan pada masa periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
Angka ini turun 14% dibandingkan periode sama tahun lalu. Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moemin mengatakan, monitoring penumpang di berbagai titik pulau Jawa dan Sumatera telah dimulai sejak H-7 Natal dan akan berlangsung hingga 5 Januari 2022.
Ia juga menyampaikan, khusus layanan angkutan jarak jauh atau Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), tercatat sebanyak 91.738 penumpang yang telah dilayani dalam periode ini.
Layanan untuk AKAP mengalami kenaikan sekitar 31%, jika dibandingkan dengan jumlah perjalanan pada periode yang sama tahun 2020 yang mencapai 70.890 penumpang.
Ia memastikan kenaikan penumpang tersebut dipicu oleh peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi bus.
“Selama masa Natal dan Tahun Baru, setiap calon pelanggan Damri wajib menunjukkan sertifikat vaksin secara fisik maupun digital, atau memindai kode QR lewat aplikasi Peduli Lindungi kepada petugas,” katanya.
Sementara untuk memudahkan pelanggan melakukan pemesanan tiket, Damri memberikan pilihan layanan dengan metode cashless. Diantaranya melalui DAMRI Apps, portal www.damri.co.id, Traveloka, RedBus, DANA, OVO, dan Alfamart maupun Indomart di seluruh Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Boyke P. Siregar