Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Credit Suisse, Perbankan Global Bertitel Bank Paling Menguntungkan

Kisah Perusahaan Raksasa: Credit Suisse, Perbankan Global Bertitel Bank Paling Menguntungkan Kredit Foto: Getty Images/Bloomberg/Thi My Lien Nguyen
Warta Ekonomi, Jakarta -

Credit Suisse Group AG adalah bank dan perusahaan jasa keuangan global yang berbasis di Swiss. Namanya menjadi cukup besar karena menjadi salah satu dari sembilan bank bertitel "Bulge Bracket" atau perusahaan global yang paling menguntungkan yang menyediakan layanan di perbankan investasi, swasta, manajemen aset, hingga layanan bersama.

Fortune memasukkan namanya ke dalam perusahaan raksasa Global 500 miliknya di tahun 2020. Alasannya, total pendapatan (revenue) Credite Suisse mencapai 35,47 miliar dolar AS per tahun, dengan pertumbuhan sekitar 3,5 persen dari tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Tertua Setelah IBM, Fujitsu Terus Berinovasi Jadi Raksasa Teknologi Dunia

Secara khusus, kekuatan finansial bank asal Swiss itu cukup baik di tahun 2020. Pasalnya, pertumbuhan keuntungan atau laba mencapai 64,4 persen dengan total profit di angka 3,4 miliar dolar AS tahun itu.

Sebagai perbankan global, aset yang dimiliki Credit Suisse tidak mencapai 1 triliun dolar AS, tetapi hanya di angka 762,18 miliar dolar AS tahun 2020. Dengan begitu bisa dilihat pada daftar milik Fortune tahun 2020 bahwa perusahaan mengalami kenaikan peringkat sekitar 26 poin.

Dikutip dari berbagai sumber, Credit Suisse didirikan oleh Afred Escher tahun 1856. Mulanya, Escher melahirkan perusahaannya terutama dengan tujuan menyediakan dana domestik untuk proyek-proyek perkeretaapian juga menghindari bank Prancis yang ingin memberikan pengaruh atas sistem perkeretaapian. 

Escher bertujuan untuk memulai perusahaan dengan tiga juta saham dan malah menjual 218 juta saham dalam tiga hari.

Bank dimodelkan setelah Credit Mobilier, sebuah bank yang mendanai proyek kereta api di Prancis yang didirikan dua tahun sebelumnya, kecuali Credit Suisse memiliki kebijakan pinjaman yang lebih konservatif yang berfokus pada pinjaman jangka pendek hingga menengah.

Pada tahun pertama operasinya, 25 persen pendapatan bank berasal dari Swiss Northeastern Railway, yang sedang dibangun oleh perusahaan Escher, Nordostbahn.

Credit Suisse memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi Swiss, membantu negara mengembangkan sistem mata uangnya, mendanai wirausahawan, dan berinvestasi di jalur kereta api Gotthard, yang menghubungkan Swiss dengan sistem kereta api Eropa pada tahun 1882.

Sepanjang akhir 1800-an, Credit Suisse mendirikan perusahaan perbankan dan asuransi di Jerman, Brussel, Jenewa dan lain-lain (sebagai SKA International) dengan bank sebagai pemegang saham masing-masing perusahaan. Itu menciptakan perusahaan asuransi seperti Swiss RE, Swiss Life (alias Rentenanstalt) dan Schweiz.

Halaman:

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan