Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Scotiabank, Bank Emas Kanada yang Dimulai dengan Modal 100.000 Pound

Kisah Perusahaan Raksasa: Scotiabank, Bank Emas Kanada yang Dimulai dengan Modal 100.000 Pound Kredit Foto: Reuters/Chris Wattie
Warta Ekonomi, Jakarta -

The Bank of Nova Scotia atau umum dikenal sebagai Scotiabank adalah perbankan terbesar ketiga di Kanada. Ia telah memantapkan dirinya sebagai bank dan perusahaan jasa keuangan bank internasional melalui operasi ekstensifnya.

Dikenal pula sebagai "Canada's gold bank" karena posisinya yang dominan dalam perdagangan emas batangan. Bisnisnya mencakup tiga lini, yaitu perbankan pribadi, komersial, dan manajemen kekayaan.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Credit Suisse, Perbankan Global Bertitel Bank Paling Menguntungkan

Namanya tercatat dalam Global 500 tahun 2020 milik Fortune sebagai satu dari banyak perusahaan raksasadengan total pendapatan (revenue) 35,10 miliar dolar AS. Tahun ini pula, pendapatannya naik dengan tumbuh sekitar 11,1 persen dari tahun sebelumnya.

Aset dan keuntungan (profit) perusahaan masing-masing di angka 862,48 miliar dolar AS dan 6,31 miliar dolar AS. Dengan catatan apik tersebut, peringkatnya pada 2020 naik 23 poin dari catatan yang sama di tahun 2019.

Menurut The Canadian Encyclopedia, Scotiabank berdiri tahun 1832. Sekelompok besar pengusaha Halifax mengumpulkan modal dasar 100.000 pound untuk Bank of Nova Scotia.

Bank Nova Scotia menjadi bank sewaan pertama di Nova Scotia dan mengadakan rapat pemegang saham pertama mereka di Merchants Exchange Coffee House pada 10 Mei 1832. Pada 29 Agustus tahun yang sama, Bank Nova Scotia dibuka untuk bisnis di Gedung John Romans.

Pada tahun 1889, kehadiran Bank of Nova Scotia diperluas ke selatan menuju Karibia dengan pembukaan cabang di Kingston, Jamaika, untuk memfasilitasi perdagangan gula, rum dan ikan.

Delapan tahun setelah Bank of Nova Scotia menjelajah ke Karibia, Bank membuka cabang pertamanya di Toronto, Ontario pada tahun 1897.

Pada tahun 1900, Kantor Umum Bank dipindahkan dari Halifax ke Toronto. Tak lama setelah pergantian abad, Bank mengalihkan perhatiannya ke Kanada Barat di mana cabang mulai dibuka di Edmonton, Calgary, dan Vancouver pada tahun 1903, diikuti oleh Regina dan Saskatoon pada tahun 1906.

Tahun-tahun awal bank sangat sulit. Tidak ada mata uang nasional yang umum di Kanada sampai Bank of Canada didirikan pada tahun 1935, artinya pada saat Bank of Nova Scotia didirikan, bank-bank menerbitkan uang kertas mereka sendiri.

Sebuah perselisihan awal muncul antara Perusahaan Perbankan Halifax swasta dan Bank Nova Scotia ketika masing-masing menolak untuk menghormati uang kertas yang lain. Dalam apa yang menjadi perang mata uang, perselisihan membatasi kemampuan masing-masing bank untuk berdagang dengan yang lain.

Harga emas dan perak impor naik tajam karena pedagang dan individu menggunakan logam ini sebagai mata uang perdagangan alternatif. Setelah banyak tawar-menawar, perselisihan diselesaikan dan kedua bank mulai menerima uang kertas satu sama lain.

Bank of Nova Scotia, menurut laman resmi Scotiabank, ledakan ekonomi pasca Perang Dunia Kedua mengantarkan pertumbuhan baru bagi Scotiabank. Banyak inovasi yang dipelopori oleh Scotiabank selama periode ini meliputi: Scotia Plan Loans, salah satu produk pinjaman konsumen pertama di Kanada; perdagangan emas untuk umum; dan penunjukan manajer cabang wanita pertama dalam sejarah Kanada.

Pada 1960-an dan 1970-an, Scotiabank mulai memperluas jaringannya ke Asia. Ketika sektor jasa keuangan dideregulasi pada akhir 1980-an dan 1990-an, Bank semakin mendiversifikasi operasinya di Kanada melalui akuisisi besar-besaran, termasuk dealer investasi McLeod Young Weir (1988), dan perusahaan perwalian Montreal Trust (1994) dan National Trust (1997).

Selama tahun 1990-an, Scotiabank terus memperluas kehadirannya di Amerika Tengah dan Selatan, menjadikannya salah satu bank paling internasional di dunia.

Pada tahun 2006, kehadiran Scotiabank di Amerika Latin terbukti melalui Grupo Financiero Scotiabank yang dikendalikan mayoritas di Meksiko, Scotiabank El Salvador, Scotiabank de Costa Rica, Scotiabank Sud Americano di Chili dan Scotiabank Peru, serta afiliasi Banco del Caribe di Venezuela.

Untuk menumbuhkan kehadirannya dalam manajemen kekayaan, pada tahun 2008 Scotiabank membeli perusahaan pialang diskon online ETrade Canada dari perusahaan induknya di AS seharga 444 juta dolar AS. Pada tahun yang sama, Scotiabank membeli 37 persen posisi kepemilikan Sun Life Financial di CI Financial Income Fund --salah satu perusahaan reksa dana terbesar di negara itu-- seharga 2,2 miliar dolar AS.

Tidak dapat memperoleh kendali lebih lanjut, Scotiabank memutuskan untuk menjual investasinya di CI Financial ke tangan publik dengan kesepakatan pembelian pada tahun 2014 (di mana sekelompok pialang saham setuju untuk membeli semua saham dan segera menjualnya kepada investor mereka).

Untuk sementara, pada tahun 2011 Scotiabank membeli semua DundeeWealth Inc, salah satu perusahaan manajemen kekayaan independen terbesar di Kanada dan manajer dari keluarga reksa dana Dynamic, seharga 2,3 miliar dolar AS. Itu sebelumnya membeli 18 persen saham minoritas yang lebih kecil pada tahun 2007.

Antara 2005 dan 2015, Scotiabank melakukan beberapa akuisisi strategis bank regional kecil di seluruh Amerika Latin, Tengah dan Selatan. Strateginya adalah menumbuhkan kehadiran perbankannya di luar Kanada dan ke wilayah-wilayah ini. Akibatnya, bank diwakili di negara-negara seperti Chili, Peru, Kosta Rika, Panama, Meksiko, Kolombia, Brasil, Uruguay, Puerto Rico, Guatemala, Republik Dominika, dan Jamaika.

Saat ini, Scotiabank telah menjadi bank terkemuka di Amerika. Dipandu oleh tujuan: "untuk setiap masa depan," bank membantu pelanggan, keluarga mereka dan komunitas mereka mencapai kesuksesan melalui berbagai saran, produk dan layanan, termasuk perbankan pribadi dan komersial, manajemen kekayaan dan perbankan swasta, perbankan korporasi dan investasi, dan pasar modal.

Dengan tim yang terdiri dari sekitar 97.000 karyawan dan aset lebih dari 1,2 triliun dolar AS (per 30 April 2020), Scotiabank berdagang di Toronto Stock Exchange dan New York Stock Exchange.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan