Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cetak Rekor Tertinggi, Anggaran 2021 Kemenperin Terserap 97,45%

Cetak Rekor Tertinggi, Anggaran 2021 Kemenperin Terserap  97,45% Kredit Foto: GenPI
Warta Ekonomi -

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serap 97,45% anggaran 2021. Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo mengatakan penyerapan anggaran tersebut lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 93,10%.

"Realisasi anggaran itu merupakan capaian tertinggi dalam sembilan tahun terakhir," ujar Dody, Jumat (21/1).

Dody memaparkan, pada 2021 Kemenperin juga meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut selama 13 kali. Kemenperin konsisten melakukan monitoring dan evaluasi setiap waktu. Tujuannya agar anggaran Kemenperin bisa terserap maksimal.

"Yang paling penting adalah monitoring dan evaluasi setiap waktu. Sehingga, anggaran bisa dimanfaatkan secara maksimal tanpa melupakan target dan tujuan dari Kemenperin," katanya.

Untuk ke depannya, Dody berharap Kemenperin bisa mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi.

Inspektorat Jenderal Kemenperin Masrokhan menambahkan berdasarkan data yang diterima pada 2021, realisasi PNBP Kemenperin sebesar Rp 237,8 miliar atau 90,88%.

Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 33,9 miliar di mana PNBP 2020 adalah sebesar Rp 203,9 miliar.

"Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan di mana di tengah pandemi Kemenperin mampu memberikan pelayanan terbaik dan dipercaya masyarakat," ujar Masrokhan. 

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan