Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Sompo Holdings, Satu dari Tiga Penyedia Asuransi Papan Atas Jepang

Kisah Perusahaan Raksasa: Sompo Holdings, Satu dari Tiga Penyedia Asuransi Papan Atas Jepang Kredit Foto: Sompo-hd.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sompo Holdings Inc adalah perusahaan induk dari Jepang yang bergerak dalam bidang asuransi. Namanya telah dipertimbangkan sebagai salah satu dari tiga penyedia asuransi papan atas Jepang.

Sompo bukan hanya menjadi yang terbesar di Jepang, tetapi juga telah dipertimbangkan di tingkat global. Fortune, dalam Global 500 tahun 2020, mencatat bahwa ia menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia dengan total pendapatan 34,58 miliar dolar AS.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: TSMC, Pencipta Semikonduktor Paling Berharga di Dunia

Fortune juga menyoroti aset dan profitnya pada tahun 2020 itu. Secara berurutan masing-masing nilainya adalah 1,12 miliar dolar dan 110,83 miliar dolar AS dalam setahun.

Sompo terbilang perusahaan yang masih cukup muda. Ia didirikan pada April 2010 sebagai NKSJ Holdings Inc.

Di tahun pertama setelah perusahaan berdiri, NKSJ Holdings melakukan banyak gebrakan. Di bulan April, firma itu terdaftar dalam Bursa Efek Tokyo dan Bursa Efek Osaka. 

Kelahirannya merupakan hasil dari perjanjian pertukaran saham antara Sompo Japan Insurance Inc dan Nipponkoa Insurance. Dalam kesepakatan itu tertulis cita-cita dan tujuan utama yakni untuk mendirikan perusahaan induk bersama.

Tahun 2011 dan 2012 adalah tahun pertumbuhan apik Sompo. Perusahaan mengambil strategi seperti akuisisi saham, merger, dan mengonsolidasikan dirinya dengan anak perusahaan. 

Seiring berjalannya waktu, pada 2014 perusahaan induk bersama NKSJ Holdings melakukan perubahan. Pertama-tama yang dilakukan adalah mengubah nama perusahaan menjadi Sompo Japan Nipponkoa Holdings Inc.

Bisnis Sompo adalah produk asuransi bisnis baik dalam maupun luar negeri. Ini juga termasuk asuransi jiwa domestik, dan perawatan kesehatan.

Selain itu, Sompo menjalankan bisnis strategis seperti bidang manajemen aset, perawatan kesehatan, dan renovasi rumah.

Pada tahun 2016, Sompo Japan Nipponkoa Holdings Inc berubah nama menjadi Sompo Holdings Inc.

Kata “Sompo” dari nama perusahaan berarti “asuransi umum” dalam bahasa Jepang.

Dengan lebih dari 49.000 karyawan, Sompo Holdings Inc memiliki jaringan bisnis global yang mencakup 29 negara, dan dianggap sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Jepang. Menurut Forbes, itu dianggap sebagai salah satu dari 2000 perusahaan publik terbesar di dunia.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan