Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Meski Tak Sekuat Toyota dan Honda, Suzuki Sukses Buka Pasar di 192 Negara

Kisah Perusahaan Raksasa: Meski Tak Sekuat Toyota dan Honda, Suzuki Sukses Buka Pasar di 192 Negara Kredit Foto: Reuters/Benoit Tessier
Warta Ekonomi, Jakarta -

Suzuki Motor Corporation adalah pembuat mobil terbesar keempat di Jepang --di belakang Toyota Motor, Nissan Motor, dan Honda Motor. Ini bergerak dalam penelitian, pengembangan, desain, manufaktur, penjualan, dan distribusi kendaraan roda dua dan empat, baik penumpang, komersial, dan mesin khusus.

Suzuki tercatat dalam Fortune Global 500 sebagai salah satu perusahaan raksasa. Namun pada 2020 performanya sangat menurun mengingat merosotnya peringkat dalam daftar itu sebanyak 33 poin.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: 3M, Konglomerat Banyak Bidang yang Sukses dengan Inovasi Ilmiah 

Pendapatan Suzuki, menurut Fortune, mencapai 32,08 miliar dolar AS dengan penurunan dari tahun sebelumnya 8,1 persen. Sedangkan untuk keuntungan yang didapat sekitar 1,23 miliar dolar AS yang lagi-lagi tercatat turun 23,4 persen dari tahun sebelumnya. Sementara aset yang dikelola perusahaan tahun itu di angka 30,90 miliar dolar AS.

Dikutip dari sejumlah sumber, Suzuki Motor Corporation didirikan oleh Michio Suzuki pada tahun 1909 sebagai produsen mesin tenun. Dari basisnya di Hamamatsu, Suzuki Loom Works, seperti yang dikenal saat itu, memasok peralatan tenun ke ratusan produsen kain kecil di dan antara Tokyo, Yokohama, dan Nagoya.

Pada saat itu, manufaktur tekstil adalah salah satu industri terbesar di Jepang. Ini memberikan pasar yang tumbuh dan stabil untuk perusahaan Suzuki. Pada tahun 1920 Michio Suzuki membawa perusahaannya ke publik dan menamai perusahaan baru Suzuki Loom Manufacturing Company.

Suzuki terus memproduksi mesin tenun secara eksklusif sepanjang tahun 1920-an dan hingga pertengahan 1930-an. Pada saat itu sebuah kelompok militeris menguasai pemerintah dan memulai program mobilisasi besar-besaran yang disebut "ekonomi kuasi-perang".

Perusahaan di seluruh negeri diminta untuk mulai merencanakan konversi ke manufaktur persenjataan. Suzuki adalah pemasok yang sangat menarik karena dalam bisnis melengkapi pabrik lain. Selain itu, lokasi perusahaan jauh dari pusat-pusat industri besar yang akan menjadi sasaran utama pengeboman.

Pada tahun 1937 Suzuki telah memulai produksi berbagai bahan yang berhubungan dengan perang, yang mungkin termasuk suku cadang kendaraan, rakitan senjata, dan baju besi.

Untuk bagiannya dalam upaya Perang Dunia II Jepang, Suzuki, seperti ribuan perusahaan lain, diminta untuk produksi perang dan mungkin tidak berniat menjadi produsen peralatan militer. Namun demikian, perusahaan terus memproduksi mesin tenun selama perang. Untungnya, pabrik Suzuki dan kota Hamamatsu lolos dari serangan pengeboman AS. Perusahaan mampu melanjutkan produksi setelah perang, tetapi ekonomi dan jaringan pasokan hancur.

Suzuki membangun kembali produksi peralatan manufaktur tekstil segera setelah Perang Dunia II. Jepang, bagaimanapun, sangat miskin sehingga hanya ada sedikit permintaan untuk produk tenun baru. Akibatnya, hanya sedikit perusahaan yang mampu membeli alat tenun baru.

Pada tahun 1947 laju investasi terus melambat, mendorong Suzuki untuk membuat perubahan besar dalam bisnisnya. Tahun itu perusahaan pindah ke gedung kantor pusat yang baru dan, dengan mengandalkan pengalaman manufaktur yang diperoleh selama perang, memulai pekerjaan desain pada kendaraan bermotor.

Prospeknya menguntungkan. Jepang adalah negara berpenduduk hampir 100 juta orang, hampir semuanya tidak memiliki akses ke transportasi dasar.

Pada dekade berikutnya, Suzuki kesulitan berekspansi ke pasar mobil domestik yang didominasi Toyota, Honda, dan Nissan. Akibatnya, tidak dapat mengembangkan lini produk yang lebih canggih. 

Dalam mencari pertumbuhan, Suzuki beralih ke pasar ekspor yang berada dalam kondisi ekonomi yang sama dengan Jepang pada 10 atau 15 tahun sebelumnya. Pasar yang paling menjanjikan adalah Thailand, negara yang secara historis memiliki hubungan dekat dengan Jepang.

Pada tahun 1967 Suzuki mendirikan pabrik di Thailand untuk merakit berbagai kendaraan yang suku cadangnya dibuat di Jepang. Dengan menyediakan lapangan kerja lokal dan mengundang investasi Thailand dalam usaha tersebut, Suzuki menghindari pembatasan impor yang mengunci produsen lain.

Belakangan, Suzuki menduplikasi formula pengembangan ekspor di Indonesia dan Filipina. Namun, masih tidak dapat mencapai target penjualan untuk kendaraan domestik, Suzuki memulai kampanye diversifikasi.

Mesin kecil perusahaan dipasang ke generator listrik, menghasilkan sumber daya portabel yang sama sekali baru. Pada tahun 1965 Suzuki berkembang menjadi motor tempel untuk kapal. Selain itu, perusahaan mencoba-coba perumahan, sebuah usaha yang awalnya sukses tetapi berumur pendek.

Suzuki segera memulai kampanye ekspor besar-besaran, memulai produksi sepeda motor penuh di Thailand, Indonesia, dan Taiwan. Selain itu, ia mengirim mobil ke Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Produk ini agak tidak biasa di pasar AS, di mana jalanan didominasi oleh mobil-mobil besar dan berat.

Suzuki diperkenalkan di Amerika Serikat dalam jumlah kecil tetapi sangat hemat bahan bakar, mampu menggunakan sepertiga hingga setengah bensin seperti beberapa model Amerika. Suzuki, memasuki pasar AS jauh di belakang Toyota, Honda, Nissan, dan bahkan Mazda dan Subaru.

Di Amerika Serikat, pasar terbesar Suzuki di luar Jepang, perusahaan menandatangani serangkaian kontrak pemasaran dan produksi dengan General Motors dan saingannya Isuzu Motors, Ltd. pada tahun 1981 (dua perusahaan terakhir sudah berafiliasi, dengan GM memegang 34 persen saham di isuzu). Sebagai bagian dari kesepakatan, GM membeli 3 persen saham Suzuki.

Perusahaan berencana untuk berbagi fasilitas produksi dan menangani pemasaran produk masing-masing. Pada tahun 1983 Suzuki memulai produksi subkompak Swift, menjual mobil melalui GM sebagai Chevy Sprint dan kemudian sebagai Geo Metro.

Hasil lain dari pengaturan Suzuki dengan GM adalah pembentukan anak perusahaan bersama di Kanada, yang disebut CAMI Automotive Inc, pada tahun 1986. Pabrik ini mulai berproduksi pada tahun 1989, memproduksi Sprint, Metro, dan Suzuki Sidekicks (juga dipasarkan sebagai Geo Tracker).

Suzuki juga melanjutkan dorongannya pada globalisasi, membuka pabrik di Inggris Raya pada tahun 1986 yang menghasilkan 15.000 mikrovan per tahun. Perusahaan menjalin kemitraan dengan perusahaan Mesir Modern Motors SAE, yang disebut Suzuki Egypt SAE, untuk membangun mobil kompak dan truk serta van Super Carry di negara itu. Suzuki berlisensi pembuatan model Swift/Forsa melalui Colmotores SA di Columbia.

Usaha Pakistan juga diperluas untuk memasukkan manufaktur mobil di bawah perusahaan baru, Pak Suzuki Motor Company, Ltd. Pada bulan April 1991 Suzuki mendirikan usaha patungan dengan C. Itoh, pabrikan mobil baru Hungaria Autokonzern RT, dan International Finance Corporation.

Perusahaan tersebut, bernama Magyar Suzuki Corporation, memulai produksi Suzuki Swift di Hungaria pada tahun berikutnya. Selain menyiapkan $230 juta modal untuk perusahaan baru, Suzuki menerbangkan setiap pekerja Hungaria ke Jepang untuk pelatihan dalam metode produksinya.

Sementara itu, pada tahun 1990, Suzuki Motor Company mengadopsi nama yang lebih internasional Suzuki Motor Corporation. Selama waktu ini, perusahaan mengalami kemunduran di perusahaan terbesarnya, mobil cebol dengan mesin di bawah 550cc. Ini disebabkan oleh dua faktor: undang-undang baru yang memperluas pembatasan parkir untuk mobil kelas itu dan resesi yang memburuk di Jepang.

Kerugian Suzuki sebagian diimbangi oleh peningkatan penjualan sepeda motor, tetapi karena pendapatan dari manufaktur mobil hampir lima kali lebih besar dari penjualan sepeda motor, tingkat pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan melambat secara substansial.

Di bagian depan sepeda motor, Suzuki dan pembuat sepeda motor "Empat Besar" Jepang lainnya (yang lainnya adalah Honda, Yamaha, dan Kawasaki Heavy Industries) telah bertahun-tahun menghadapi persaingan yang semakin ketat dari pabrikan Eropa dan AS yang baru memberontak serta dari perusahaan China yang membuat salinan bajakan dari mesin mereka.

Menanggapi ancaman tersebut, Suzuki dan Kawasaki mengumumkan pada bulan Agustus 2001 bahwa mereka telah menandatangani perjanjian kerjasama dimana mereka akan bersama-sama mengembangkan model sepeda motor baru dan akan menyatukan pengadaan suku cadang dan operasi produksi untuk memangkas biaya.

Dalam perkembangan yang tidak terkait, Suzuki pada Mei 2002 mulai memproduksi produk di Amerika Serikat untuk pertama kalinya ketika sebuah pabrik di Roma, Georgia, yang dijalankan oleh anak perusahaan AS Suzuki Manufacturing of America Corporation mulai memproduksi kendaraan segala medan (ATV).

Juga selama tahun 2002 Suzuki mengubah dua usaha patungan produksi luar negeri utamanya - Maruti Udyog di India dan PT Indomobil Suzuki International di Indonesia --menjadi anak perusahaan yang terkonsolidasi dengan mengakuisisi mayoritas kendali usaha.

Suzuki kini menguasai 54,2 persen saham Maruti Udyog dan 90 persen Indomobil Suzuki. Pada Juli 2003, pemerintah India menjual 25 persen sisa kepemilikannya di Maruti Udyog kepada publik melalui penawaran umum perdana (IPO).

Pada saat yang sama ketika Suzuki berusaha untuk melipatgandakan penjualannya di AS, pertempuran hukumnya melawan Serikat Konsumen terus berlanjut. Pada tahun 2002 keputusan yang telah memberikan 90 juta dolar AS kepada seorang wanita lumpuh dalam kecelakaan rollover Samurai telah dibatalkan.

Gugatan Suzuki terhadap Serikat Konsumen ditolak pada tahun 2000, tetapi Suzuki memenangkan banding ke Pengadilan Banding AS, yang pada tahun 2002 memerintahkan kasus tersebut untuk diadili. Serikat Konsumen kemudian mengajukan banding ke Mahkamah Agung AS.

Belakangan ini, Suzuki memiliki lebih dari 45.000 karyawan dan memiliki 35 fasilitas produksi di 23 negara, dan 133 distributor di 192 negara. Volume penjualan mobil di seluruh dunia adalah yang terbesar kesepuluh di dunia, sedangkan volume penjualan domestik adalah yang terbesar ketiga di negara ini.

Volume penjualan sepeda motor domestik Suzuki adalah terbesar ketiga di Jepang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: