Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hati-hati! Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Terima Pesanan Online

Hati-hati! Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Terima Pesanan Online Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka Hari Hak Konsumen Sedunia yang jatuh pada 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan lima hal yang penting dilakukan pengguna saat menerima pesanan online.

Pasalnya, kegiatan belanja online tak lepas dari masalah-masalah yang mungkin dialami oleh para konsumen. Untuk itu, perlu adanya upaya antisipasi guna terhindar dari masalah berbelanja online.

Baca Juga: Diluar Ekspektasi! Dalam 3 Tahun, Pengguna Tokopedia Emas Tumbuh Hampir 27 Kali Lipat!

“Tokopedia melihat tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Tingginya animo ini mendorong kami terus berkomitmen membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform kami, sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan tertulis, Senin (14/3/2022).

Adapun kelima hal yang perlu diperhatikan konsumen saat menerima belajaan online adalah sebagai berikut.

1. Jangan buru-buru klik ‘Selesaikan Pesanan’

Ekhel mengimbau para pembeli untuk memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. "Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual," jelas dia.

2. Segera lakukan pengecekan barang

Saat membuka paket, ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima. Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Adapun lampiran bukti dapat dalam bentuk foto atau video.

"Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli," ungkap Ekhel.

3. Perhatikan batas waktu komplain

Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2x24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan. Ekhel menambahkan, “Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: