Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gokil! Bersiap Ekspansi Layanan, CrediBook Raih Pendanaan Seri A Sebesar 8.1 juta Dollar AS!

Gokil! Bersiap Ekspansi Layanan, CrediBook Raih Pendanaan Seri A Sebesar 8.1 juta Dollar AS! Kredit Foto: CrediBook
Warta Ekonomi, Jakarta -

CrediBook, perusahaan yang berangkat dari aplikasi pembukuan digital, mengumumkan pendanaan Seri A sebesar 8.1 juta dollar AS (116 miliar rupiah) dipimpin oleh Monk’s Hill Ventures, dengan partisipasi dari beberapa Investor terdahulu, yaitu Insignia Ventures Partners dan Wavemaker Partners. Sejak peluncurannya pada dua tahun lalu, aplikasi pembukuan CrediBook telah mencatat sebanyak 12 juta transaksi pengguna yang sebagian besarnya adalah pelaku usaha di segmen grosir.

CrediBook akan menggunakan pendanaan Seri A ini untuk ekspansi nasional, pengembangan teknologi, perekrutan karyawan, serta ekspansi layanan grosir digital, CrediMart, melalui penambahan kategori produk dan kemitraan dengan toko grosir konvensional, serta perluasan area operasional.

Baca Juga: VICI Score Gandeng Akar Inti Data, Terobosan Inovasi Credit Scoring

CEO & Co-Founder CrediBook Gabriel Frans menyatakan CrediBook akan fokus menjawab masalah operasional yang dihadapi pelaku grosir sekaligus menggarap potensi besar di segmen grosir melalui CrediMart. “Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 200.000 usaha grosir yang melayani 65 juta ritel dan berkontribusi lebih dari 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB). Lebih dari itu, berdasarkan aktivitas UMKM non-pertanian, estimasi besarnya pasar tersebut mencapai 260 miliar Dollar AS. Angka ini sangat besar, sehingga CrediBook menggarap potensi tersebut melalui peluncuran layanan grosir digital, CrediMart, pada September 2021 lalu,” ujar Gabriel.

CrediMart berangkat dari permasalahan operasional yang dialami toko grosir konvensional. Selama pandemi, toko grosir konvensional mengalami penurunan volume penjualan hingga 20 persen dikarenakan ketergantungan mereka pada penjualan offline. Hal tersebut menyebabkan terbatasnya jangkauan pelanggan, kesalahan pelayanan, dan antrian panjang di toko. CrediMart ingin menyelesaikan masalah tersebut tanpa mengganggu proses rantai pasok tradisional.

CrediMart bekerja sama langsung dengan toko grosir konvensional dan tidak memiliki gudang seperti layanan grosir digital sejenis. Bagi rekan grosir, CrediMart menyediakan aplikasi online ordering untuk memudahkan toko grosir menerima pesanan dan manajemen stok lebih cepat, serta dilengkapi dengan fitur pembukuan digital. Sementara bagi ritel, CrediMart menyediakan layanan belanja grosir online, pembayaran tempo, hingga layanan pengantaran next-day. Sejak diluncurkan, CrediMart telah telah menggaet sekitar 60.000 pelaku grosir dan ritel serta mencatat pertumbuhan pendapatan (revenue) hingga 7 kali lipat, meningkatkan 50 persen penjualan harian rekan grosir, serta meningkatkan unique retail customers hingga 56 persen. Saat ini CrediMart beroperasi di lebih dari 40 kota, menyediakan beragam produk dari pelaku grosir, mulai dari kebutuhan sehari-sehari, obat-obatan terbuka, alat tulis dan perlengkapan kantor, hingga bahan bangunan.

Gabriel menegaskan misi CrediBook adalah pemberdayaan UMKM khususnya pelaku grosir konvensional. “Melalui aplikasi pembukuan digital, CrediBook ingin pelaku usaha memiliki laporan keuangan yang rapi dan memudahkan akses pembiayaan. Sementara CrediMart meningkatkan kapasitas digital para pelaku grosir konvensional melalui manajemen pesanan dan inventaris toko. Rekan grosir CrediMart juga menyambut baik layanan digital yang kami sediakan karena CrediMart turut membantu meningkatkan bisnis mereka dari aspek penjualan sehari-hari,” ujar Gabriel Frans, CEO dan Co-Founder CrediBook.

Partner Monk’s Hill Ventures Susli Lie menyatakan selama dua tahun terakhir, pihaknya telah mengamati komitmen Gabriel dan tim CrediBook yang bekerja untuk mendigitalisasi grosir secara komprehensif. “Proses pengadaan barang grosir dan ritel masih dilakukan secara manual dan sangat membutuhkan digitalisasi. Potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat besar dengan lebih dari 65 juta pelaku usaha sebagai target pengguna. CrediBook telah mengidentifikasi masalah yang perlu diselesaikan, yaitu efisiensi operasional (aplikasi pembukuan digital dan grosir digital), akses pembiayaan, dan dorongan ekspansi bagi pelaku grosir ke pelanggan ritel yang lebih besar. Kami sangat senang menjadi bagian dari perjalanan CrediBook yang telah memetakan kembali digitalisasi pembukuan dan grosir digital di Indonesia serta berpotensi di kawasan,” ujar Susli.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun ke-2, CrediBook Perkuat Layanan di Segmen Grosir

Untuk diketahui, 40% pengguna aplikasi pembukuan digital CrediBook berasal dari wilayah kabupaten dan desa di Indonesia. Selain itu, aplikasi CrediBook juga telah membantu pelaku grosir dan ritel membuat laporan keuangan yang rapi dalam waktu kurang dari lima menit, dan telah terbukti membantu mempercepat proses pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sebelumnya, pada bulan Januari 2021 CrediBook menerima pendanaan Pra Seri A sebesar $1,5 juta dollar AS (21 miliar rupiah) dari Wavemaker Partners, Alpha JWC Ventures, and Insignia Ventures Partners pada Januari 2021.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: