Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Kuasai Pangsa Pasar, Linde Penyalur Gas Industri Terbesar di Dunia

Kisah Perusahaan Raksasa: Kuasai Pangsa Pasar, Linde Penyalur Gas Industri Terbesar di Dunia Kredit Foto: Reuters/Rod Nickel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Linde Plc adalah perusahaan multinasional asal Inggris yang bergerak dalam bidang kimia. Bisnis utama perusahaan adalah manufaktur dan distribusi gas atmosfer, termasuk oksigen, nitrogen, argon, gas langka, dan gas proses, termasuk karbon dioksida, helium, hidrogen, amonia, gas elektronik, gas khusus, dan asetilen.

Linde adalah salah satu perusahaan raksasa Global 500 tahun 2020 menurut Fortune, dengan total pendapatan (revenue) 28,67 miliar dolar AS. Ia menjadi perusahaan gas industri terbesar di dunia berdasarkan pangsa pasar dan pendapatan.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Xinjiang Guanghui, Konglomerat yang Bermain Banyak Cabang Bisnis

Dikutip berbagai sumber, pada 1879 didirikan Gesellschaft fur Linde's Eismaschinen Aktiengesellschaft oleh Carl von Linde. Tujuannya untuk mengembangkan lebih lanjut karyanya dalam mengembangkan sistem pendinginan mekanis untuk industri pembuatan bir dan makanan.

Setelah sukses di pasar ini, ia pindah untuk mengembangkan sistem suhu yang lebih rendah yang dihasilkan pada tahun 1895 dalam paten yang mencakup pencairan udara. Dari pekerjaan ini, perusahaannya mengembangkan peralatan untuk pemisahan udara dan gas lainnya.

Proses Linde dipatenkan pada tahun 1902 dan segera dimanfaatkan oleh pabrik pemisahan udara skala besar pertama yang dipasang di tempat kerja Linde di Hollriegelskreuth, dekat Munich pada tahun 1903.

Pada tahun 1906, Carl Von Linde memutuskan untuk memperluas perusahaan ekstraksi oksigennya ke luar negeri, menargetkan Amerika, di mana tidak ada perusahaan lain yang mencoba ekstraksi oksigen skala industri. Bersama dengan Cecil Lightfoot, pada tahun 1907, ia membuka Linde Air Products Factory, pabrik pertamanya di Amerika di Buffalo, New York.

Selama sepuluh tahun pertama keberadaan perusahaannya, Linde mengambil cuti panjang dari mengajar dan menjadi direktur tunggalnya. Namun, setelah firma itu dalam perjalanan menuju sukses, Linde kembali dan mengarahkan operasinya dari perguruan tinggi. Ia meninggal pada 16 November 1934.

Akan tetapi, pada tahun 1949, sebuah bengkel mesin baru telah dibangun di fasilitas Surth, dan pada tahun 1960 operasi tersebut telah sepenuhnya dibangun kembali. Segera setelah itu, Linde mendirikan seluruh departemen teknik pendinginan di pabrik ini. Cabang di Surth dan G.H. Walb kemudian digabungkan pada tahun 1964 untuk membentuk divisi peralatan pendingin dan toko tahun 1980-an.

Sejumlah perkembangan penting terjadi selama paruh pertama tahun 1980-an. Divisi peralatan pendingin dan toko merancang unitnya untuk konservasi energi serta menyesuaikannya secara individual agar sesuai dengan gaya toko kontemporer di seluruh dunia. Lini produk mencakup pilihan lengkap etalase berpendingin dan pembeku, sistem pendingin, serta sistem pemantauan dan kontrol energi.

Selain pertumbuhan pesanan yang mengesankan dari negara-negara Arab, pengguna industri, yang kebutuhannya berkisar dari switchgears dan transformer hingga ruang komputer dan penyimpanan tempat pembuatan bir, juga berkontribusi pada peningkatan keuntungan bagi Linde.

Halaman:

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan