Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Capres Lebih Baik Stop Akrobat di Medsos, Tak Pengaruh Juga ke Elektabilitas

Capres Lebih Baik Stop Akrobat di Medsos, Tak Pengaruh Juga ke Elektabilitas Kredit Foto: Unsplash/dlxmedia.hu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bakal calon presiden yang memiliki media sosial dengan follower jutaan dinilai akan berpengaruh pada elektabilitasnya.

Namun Pengamat Politik Hendri Satrio (Hensat) berkata lain. Pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) mengatakan tak ada korelasinya aktivitas media sosial dengan elektabilitas calon presiden.

Baca Juga: Mohon Maaf Puan Maharani, Peluang Ganjar Menang di Pilpres 2024 Jauh Lebih Besar

"Hasil penelitian disertasi saya itu mendapatkan hasil bahwa aktivitas media sosial tidak signifikan terhadap peningkatan ekektabilitas," kata Hensat dikutip dari akun twitternya @satriohendri, Kamis (30/6/2022).

Infografis sebuah media daring nasional menampilkan sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi bakal calon presiden 2024 mendatang. Mereka memiliki follower di akun media sosial mulai IG, twitter hingga Facebook hingga puluhan juta.

Dari sekian nama yang ada di publik, ada lima nama Bakal Capres 2024 dengan follower terbanyak. Mereka adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan jumlah follower 26,7 juta, Prabowo Subianto dengan jumlah follower 19 juta, Sandiaga Uno 14,5 juta follower, Anies Baswedan 11,9 juta follower dan Ganjar Pranowo 9 juta follower.

Meski jumlah followernya jutaan, Hensat menilai tak bisa dijadikan tolak ukur untuk menggerek elektabilitasnya di Pilpres 2024 nanti, "Jadi, gak usah kebanyakan akrobat di medsos," tulis Hensat.

Baca Juga: Mohon Maaf Pak Ganjar, PDIP Lebih Pilih Puan karena Tak Akan Berkhianat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan