Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

KTT Youth 20 Bakal Bahas Empat Isu Global, Kang Emil: Relevan Banget

KTT Youth 20 Bakal Bahas Empat Isu Global, Kang Emil: Relevan Banget Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Puncak Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y20) akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022 mendatang. Y20 adalah platform untuk pemuda-pemudi dari semua negara G20 untuk berdialog, bernegosiasi, serta mengajukan solusi untuk isu-isu mendesak di dunia. 

Pertemuan yang akan dihadiri 100 pemuda dari berbagai delegasi negara akan membahas empat aspek, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi. 

Sebagai salah satu tuan rumah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengatakan kesiapannya karena empat isu yang akan dibahas relevan dengan permasalahan yang hadir saat ini dan menjadi solusi untuk masa depan. Baca Juga: Gak Cuma Anies, Ridwan Kamil Perintahkan Jajarannya Tindak Tegas Holywings, Elvis Cafe Tersegel!

"KTT Y20 keren, relevan banget. Jangan selesai hanya di komunike saja. Yang lebih penting mempopulerkan isu ini di kalangan anak muda," kata Emil kepada wartawan secara daring, Sabtu (2/7/2022).

Gubernur Jawa Barat mengungkapkan, pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 di Jabar akan berlangsung meriah, juga menjadi lokomotif anak-anak muda Indonesia dalam membangun masa depan. 

Ia juga menegaskan komitmen Pemda Provinsi Jabar dalam menyukseskan pelaksanaan KTT Y20 di Bandung dan Jakarta. 

"Kami sangat bangga Pra KTT Y20 berlangsung dengan sangat luar biasa untuk menjadi platform suara anak-anak muda di masa depan. Kita harus mewariskan isu perdamaian, tak ada perang di masa depan dalam empat aspek yang telah disepakati," tegasnya.

Menurutnya, hasil utama dari KTT Y20 adalah rekomendasi kebijakan, disebut Komunike Y20 yang akan diberikan kepada para pemimpin negara pada pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Guna mendongkrak popularitas pelaksanaan KTT Y20, Pemda Provinsi Jabar akan menggelar side event yang melibatkan anak muda di Kota Bogor pada 21 Agustus 2022 dengan nama "Youth Innovation Festival". 

"Side event sesudahnya dinamakan Youth Innovation Festival. Jadi ada festival khas anak muda, kegiatan kreatif di Bogor, tanggal 21 Agustus. Harapannya rangkaian dari awal sampai akhir Y20 betul-betul meriah dan substantif," ungkapnya.

"Sehingga delegasi dari beberapa negara pulang dari Indonesia dapat mengimplementasikan masa depan dengan memperhatikan dan mendengar suara anak muda," sambungnya.

Emil pun meminta agar format Y20 atau bentuk penyelenggaraannya harus memiliki kekhasan anak muda. "Harus Dinamis, kreatif dan jangan terlalu formal agar bisa diterima semua kalangan. Dalam pra event sebaiknya dibuat juga video-video singkat menuju Y20,"tegasnya.

Adapun, Co Chairman Y20, Michael Sianipar mengungkapkan,  pemilihan dua kota di Jabar, yaitu Bandung dan Bogor untuk kegiatan Y20 karena keduanya memiliki daya tarik dan sejarah dunia. Baca Juga: Resmi Dibuka, Pra-KTT Ke-4 Y20 Fokus Bahas Keberagaman dan Inklusi

"Kita ingin mengenalkan kepada para pemuda dunia, bahwa Jabar memiliki kota-kota yang menarik dan bersejarah, seperti Kota Bandung tempat digelarnya Konferensi Asia Afrika 1955," ungkapnya.

Sementara itu, Rangkaian Pra Event Youth Innovation Festival sudah dilaksanakan di tiga kota, yakni Bogor, Bekasi dan Depok dari bulan Mei-Juni 2022. Adapun pelaksanaan puncak Youth Innovation Festival akan diadakan di Alun-alun Kota Bogor pada 21 Agustus 2022 mendatang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan