Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Baswedan Tutup Holywings dan Resmikan Gapura Chinatown Glodok, Rocky Gerung: Kemampuan Seorang Pemimpin untuk Membaca Masa Depan

Anies Baswedan Tutup Holywings dan Resmikan Gapura Chinatown Glodok, Rocky Gerung: Kemampuan Seorang Pemimpin untuk Membaca Masa Depan Kredit Foto: Instagram/ Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

India digemparkan dengan dipenggalnya dua orang yang diduga mendukung pada penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Hal ini dikomentari oleh Pengamat Politik, Rocky Gerung. Rocky menyinggung soal apa yang dia sebut sebagai “percakapan publik”. Dalam hal ini, demokrasi menurut Rocky tidak membatasi percakapan publik. Jika ada masalah dalam percakapan publik, maka menurut Rocky akan menruju pada perckapan komunitas (suku, ras, dan agama).

“Kalau percakapan publik macet, maka terjadi percakapan komunitas itu yang disebut ‘kasak-kusuk, saling ngomporin’, jadi sebetulnya demokrasi itu harus dibuka supaya tidak ada percakapan komunitas yang justru bisa merosotkan hakekat dan keterbukaan itu,” ujar Rocky melalui kanal Youtubenya yang dipandu Hersubeno Arief dari FNN, dikutip Minggu (3/7/22).

Menurut Rocky, saat ini negara atau pemerintah kehilangan akses menyapa masyarakat imbas dari anggapan percakapan yang terjadi publik atau masyarakat yang dinilai fundamentalis.

Baca Juga: Isu Cengkaraman Oligarki Menyeruak, Refly Harun Sebut dengan Kondisi saat Ini Anies Baswedan Tidak Punya Banyak Pilihan

Kondisi ini menurut Rocky menimbulkan permainan oleh oknum yang mencari cara untuk menimbulkan ketidaklegaan berwarga negara.

“Ada permainan kartel bisnis termasuk kartel agama yang mencari cara untuk menimbulkan ketidaklegaan berwarga negara. Di Indonesia makin terasa, India adalah contoh bagaimana sesuatu yang tadinya samar-samar akhirnya meledak menjadi politik kekerasaan,” lanjut Rocky.

Puji Anies Baswedan

Mengaitkan masalah India dengan yang terjadi di Indonesia, Rocky menyinggung soal penutupan Holywings oleh Anies Baswedan yang mana setelahnya pemimpin daerah lain secara berangsur-angsur ikut mengambil hal serupa.

Menurut Rocky, apa yang dilakukan oleh Anies adalah hal yang tepat sehingga meminimalisir apa yang terjadi di India.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan