Gandum-gandum Ukraina Siap, tapi Tidak dengan Kapal-kapalnya, Mengapa?
Perusahaan pelayaran tidak terburu-buru untuk mengekspor jutaan ton biji-bijian yang terperangkap di Ukraina, meskipun ada kesepakatan terobosan untuk menyediakan koridor yang aman melalui Laut Hitam. Itu karena ranjau peledak hanyut di perairan, pemilik kapal menilai risikonya dan banyak yang masih memiliki pertanyaan tentang bagaimana kesepakatan itu akan terungkap.
Sebagaimana dilansir Associated Press, kompleksitas perjanjian telah memulai awal yang lambat dan hati-hati, tetapi itu hanya baik untuk 120 hari dan jam mulai berdetak minggu lalu.
Baca Juga: Pembangkit Listrik Terbesar di Ukraina Jatuh ke Tangan Militer Rusia
Tujuannya selama empat bulan ke depan adalah untuk mendapatkan sekitar 20 juta ton biji-bijian dari tiga pelabuhan laut Ukraina yang diblokir sejak invasi Rusia pada 24 Februari. Itu memberikan waktu bagi sekitar empat hingga lima kapal curah besar per hari untuk mengangkut gandum dari pelabuhan ke jutaan orang miskin di seluruh dunia yang menghadapi kelaparan.
Ini juga menyediakan cukup waktu untuk segala sesuatunya menjadi serba salah. Hanya beberapa jam setelah penandatanganan pada hari Jumat, rudal Rusia menyerang pelabuhan Odesa Ukraina --salah satu yang termasuk dalam perjanjian.
Elemen kunci lain dari kesepakatan itu menawarkan jaminan bahwa pengiriman dan perusahaan asuransi yang membawa biji-bijian dan pupuk Rusia tidak akan terjebak dalam jaring sanksi Barat yang lebih luas. Tetapi perjanjian yang ditengahi oleh Turki dan PBB bertentangan dengan kenyataan betapa sulit dan berisikonya pakta itu untuk dilaksanakan.
“Kami harus bekerja sangat keras sekarang untuk memahami detail bagaimana ini akan bekerja secara praktis,” kata Guy Platten, sekretaris jenderal Kamar Perkapalan Internasional, mewakili asosiasi pemilik kapal nasional yang mencakup sekitar 80% pedagang dunia. armada.
“Bisakah kita memastikan dan menjamin keselamatan para kru? Apa yang akan terjadi dengan tambang dan ladang ranjau? Begitu banyak ketidakpastian dan ketidaktahuan saat ini,” katanya.
Mendapatkan gandum dan makanan lainnya sangat penting bagi petani di Ukraina, yang kehabisan kapasitas penyimpanan di tengah panen baru. Biji-bijian itu sangat penting bagi jutaan orang di Afrika, sebagian Timur Tengah dan Asia Selatan, yang sudah menghadapi kekurangan pangan dan, dalam beberapa kasus, kelaparan.
Ukraina dan Rusia adalah pemasok global utama gandum, barley, jagung dan minyak bunga matahari, dengan pertempuran di wilayah Laut Hitam, yang dikenal sebagai “keranjang roti dunia,” mendorong harga pangan, mengancam stabilitas politik di negara-negara berkembang dan negara-negara terkemuka untuk melarang beberapa ekspor makanan, memperburuk krisis.
Kepala Kemanusiaan PBB Martin Griffiths mengatakan pekerjaan di Pusat Koordinasi Gabungan yang baru dibuka di Istanbul yang mengawasi kesepakatan ekspor adalah “tanpa henti dengan tujuan melihat pengiriman keluar dari pelabuhan Ukraina dengan cepat, aman dan efektif.”
Dia mengatakan Frederick Kenney Jr., direktur urusan hukum dan eksternal di Organisasi Maritim Internasional dan pensiunan laksamana Penjaga Pantai AS dan advokat hakim, memimpin upaya PBB untuk menjalankan dan menjalankan kesepakatan biji-bijian.
Kesepakatan itu menetapkan bahwa Rusia dan Ukraina akan memberikan “jaminan maksimum” untuk kapal-kapal yang berani melakukan perjalanan melalui Laut Hitam ke pelabuhan Ukraina di Odesa, Chernomorsk dan Yuzhny.
“Risiko utama yang dihadapi jelas akan menjadi ranjau,” kata Munro Anderson, kepala intelijen dan mitra pendiri di Dryad. Perusahaan penasihat keamanan maritim bekerja sama dengan perusahaan asuransi dan pialang untuk menilai risiko yang dapat dihadapi kapal di sepanjang rute karena ranjau laut yang dipasang oleh Ukraina untuk mencegah Rusia hanyut.
Menteri pertahanan Turki pada hari Rabu mengatakan penghapusan ranjau di perairan tidak segera diperlukan tetapi itu bisa berubah.
Pejabat Ukraina telah menyatakan harapan bahwa ekspor dapat dilanjutkan dari satu pelabuhan dalam beberapa hari, tetapi mereka juga mengatakan perlu waktu dua minggu agar ketiganya dapat beroperasi kembali. Para ahli di Ukraina sedang bekerja untuk menentukan rute yang aman untuk kapal.
Pemilik kapal, penyewa dan perusahaan asuransi, sementara itu, mencoba memahami bagaimana kesepakatan itu akan berjalan.
"Saya pikir itu akan (turun) ke posisi perusahaan asuransi laut yang memberikan risiko perang dan berapa banyak mereka akan menambahkan biaya tambahan untuk kapal yang masuk ke daerah itu," kata Michelle Wiese Bockmann,analis pengiriman dan komoditas di Lloyd's List, sebuah publikasi berita pengiriman global.
Bockmann mengatakan kapal yang membawa muatan semacam ini biasanya memiliki antara 20 hingga 25 pelaut di dalamnya.
“Anda tidak dapat mempertaruhkan nyawa itu tanpa sesuatu yang konkret dan dapat diterima oleh pemilik kapal dan penyewa mereka untuk memindahkan biji-bijian,” katanya.
Oleksiy Melnyk, seorang analis dari think tank Razumkov Center yang berbasis di Kyiv, mengatakan masalah keamanan sebagian besar belum terselesaikan karena roket Rusia dapat menghantam gudang penyimpanan biji-bijian dan pelabuhan.
“Pemilik kapal dan perusahaan asuransi takut, mereka belum menerima jaminan keamanan yang dapat diandalkan,” kata Melnyk. “Kami hanya melihat kata-kata dan janji, yang nilainya sedikit pada saat perang.”
Perusahaan asuransi laut yang dihubungi oleh AP menolak berkomentar apakah mereka akan memberikan perlindungan untuk kapal-kapal ini.
Perang telah mendatangkan malapetaka pada perdagangan global, membuat lebih dari 100 kapal terdampar di banyak pelabuhan Ukraina.
Di tiga pelabuhan dalam perjanjian ekspor, 13 kapal curah dan kapal kargo terjebak di Chornomorsk, enam di Odesa dan tiga di Yuzhny, menurut data dari Lloyd's List Intelligence. Beberapa dari kapal tersebut mungkin masih memiliki awak kapal yang dapat dimobilisasi untuk mulai mengekspor biji-bijian.
Baca Juga: Turki: Ukraina dan Rusia Siap Teken untuk Buka Lagi Pelabuhan Gandum
Pedagang Ukraina telah dapat mengirim biji-bijian melalui Sungai Danube, yang membantu meningkatkan ekspor menjadi sekitar 1,5 juta ton pada bulan Mei dan hingga 2 juta ton pada bulan Juni, meskipun itu masih kurang dari setengah pengiriman biji-bijian bulanan sebesar 4 hingga 5 juta. ton sebelum perang, menurut Svetlana Malysh, analis pasar pertanian Laut Hitam di Refinitiv.
Selama tahun pemasaran 2021-2022, Rusia mengekspor sekitar 30 juta ton gandum, menurut arus perdagangan Refinitiv. Itu adalah level terendah sejak 2017, sebagian karena efek mengerikan dari sanksi. Ekspor pupuk Rusia juga turun 25% pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kata Malysh.
Untuk kapal yang menuju ke tiga pelabuhan Ukraina, kapal percontohan Ukraina yang lebih kecil akan memandu kapal melalui koridor yang disetujui. Seluruh operasi akan diawasi oleh Pusat Koordinasi Gabungan di Istanbul yang dikelola oleh pejabat dari Ukraina, Rusia, Turki dan PBB.
Setelah kapal mencapai pelabuhan, mereka akan dimuat dengan puluhan ribu ton biji-bijian sebelum berangkat kembali ke Selat Bosphorus, di mana mereka akan naik untuk memeriksa senjata mereka. Kemungkinan akan ada inspeksi untuk kapal yang berangkat ke Ukraina juga.
Karena prosesnya sangat kompleks dan berjalan lambat, kemungkinan tidak akan berdampak signifikan pada harga biji-bijian di seluruh dunia.
“Keseimbangan kekuatan dalam perjanjian ini masih berada di tangan Rusia,” kata Anderson, kepala intelijen Dryad. Setiap pelabuhan Ukraina di luar perjanjian menghadapi peningkatan risiko serangan, katanya.
"Saya pikir apa yang diinginkan Rusia ... dilihat sebagai negara yang mengendalikan narasi di Laut Hitam," kata Anderson.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Muhammad Syahrianto