Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

DEN Siapkan Peta Jalan Transisi Energi Bersih

DEN Siapkan Peta Jalan Transisi Energi Bersih Kredit Foto: Siaran Pers/PT Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dewan Energi Nasional (DEN) bersiap untuk merampungkan roadmap transisi energi nasional sebagai upaya mendorong penggunaan energi bersih.

Salah satunya, dengan mendorong konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). Anggota DEN Eri Purnomohadi mengatakan roadmap transisi energi untuk menunjang program pemerintah dalam mengejar target mengurangi emisi karbon di 2030 dan net zero emisi di2060 atau bahkan lebih cepat.

"DEN menyiapkan roadmap transisi energi nasional diperkirakan akan selesai pada akhir tahun," kata Eri di Jakarta, kemarin.

Menurut Eri salah satu hal yang diusung dalam roadmap transisi energi tersebut adalah konversi BBM ke BBG. Upaya perubahan penggunaan bahan bakar tersebut pun masuk dalam program transisi energi.

Eri menambahkan sejak awal DEN mendorong pemanfaatan gas yang berasal dari sumur gas di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor, baik industri, rumah tanggah dan transportasi. Sehingga dapat mengurangi impor bahan bakar.

"Kami memang sejak awal meningkatkan pemanfaatan gas domestik. Termasuk  gas DME dari batu bara untuk mengurangi impor LPG," tutur Eri.

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto menambahkan, program konversi BBM ke BBG merupakan program yang baik untuk mengurangi konsumsi BBM di tengah meningkatnya harga minyak dunia.

"Ini program yang bagus, khususnya menggunakan gas alam.  Karena dapat mengurangi konsumsi BBM kita," terang Mulyanto

Baca Juga: LPS Kerek Bunga Penjaminan Simpanan Rupiah dan Dolar di Perbankan

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: