Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekspor Turun, Surplus Neraca Dagang Indonesia Juli Menyusut

Ekspor Turun, Surplus Neraca Dagang Indonesia Juli Menyusut Kredit Foto: BPS
Warta Ekonomi, Jakarta -

Neraca perdagangan Indonesia masih mencetak surplus pada Juli 2022. Badan Pusat Statistik (BPS), mencatat surplus neraca perdagangan barang Indonesia pada bulan tersebut sebesar US$ 4,23 miliar.

Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan surplus Juni 2022 yang sebesar US$ 5,09 miliar. Secara kumulatif, surplus neraca perdagangan negara kita periode Januari hingga Juli tahun ini sebesar US$ 29,17 miliar.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto mengungkapkan surplus neraca perdagangan sudah berlangsung selama 27 bulan berturut-turut atau sejak Mei 2020.

“Jadi 27 bulan berturut-turut kita sellau surplus nercara perdagangan Indonesia. Kemudian surplus di Juli ditopang oleh surplus neraca komoditas nonmigas,”Kata Setianto dalam konferensi pers, Senin (15/8).

Surplus dagang tersebut diperoleh dari nilai ekspor barang pada Juli 2022 tercatat US$25,57 miliar atau turun 2,20% month to month (mtm). Sedangkan secara tahunan naik 32,03% yoy.

“Penurunan nilai ekspor lebih disebabkan komoditas untuk migas yang turun -11,24% sementara untuk non migas turun -1,64%,” tambah Setianto. Sementara nilai impor Indonesia pada Juli lalu tercatat US$ 21,35 miliar, naik 1,64% mom dan naik 39,86% yoy.

Baca Juga: Dituduh Dendam ke Jokowi, Rizal Ramli Jawab Santai: Ngapain Mesti Dendam? Ndak Mutu Amat

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: