Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hari UMKM Nasional 2022: Ninja Xpress Dukung Kolaborasi Multi-Stakeholder Percepat UMKM Go Digital

Hari UMKM Nasional 2022: Ninja Xpress Dukung Kolaborasi Multi-Stakeholder Percepat UMKM Go Digital Kredit Foto: Ninja Xpress
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka meningkatkan produktivitas UMKM lokal, Ninja Xpress dukung Kolaborasi multi-stakeholder untuk mempercepat UMKM Go Digital pada acara peringatan Hari UMKM Nasional 2022 yang diselenggarakan di Bandung, 11-14 Agustus 2022. Pada acara peringatan ini, Ninja Xpress membantu UKM dalam melakukan transformasi digital dengan menyediakan fasilitas Creative Business Solutions gratis dan mempromosikan produk dari dua UMKM terpilih di booth Ninja Xpress serta melakukan serangkaian kegiatan digital activation.

Layanan Ninja Xpress ini sejalan dengan harapan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, pada pembukaan peringatan Hari UMKM Nasional 2022 pagi ini yang menjelaskan pentingnya kerja sama seluruh stakeholder.

Baca Juga: Hadiah Menarik dari Program Creative Hub Ninja Xpress Untungkan UKM Lokal

"Melalui Hari Nasional UMKM ini saya ingin mendorong seluruh stakeholder mulai dari pemerintah, lembaga keuangan, dan asosiasi untuk mewujudkan UMKM Juara dengan percepatan UMKM Go Digital melalui kebijakan nasional ekonomi digital agar digitalisasi ekonomi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi produsen dalam negeri," katanya, dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, dikutip Jumat (19/8/2022).

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, "Kunci untuk UMKM berkembang adalah bersatu. Kita jangan bergantung dengan perdagangan luar negeri. Maksimalkan perdagangan antar provinsi yang dapat dimulai dengan merilis data kebutuhan setiap provinsi agar dapat di supply dari provinsi lain."

Menanggapi hal itu, Andi Djoewarsa selaku CMO Ninja Xpress mengatakan bahwa pihaknya memahami pentingnya kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membantu meningkatkan produktivitas UKM lokal agar dapat lebih kuat menopang perekonomian bangsa.

"Sesuai tema peringatan tahun ini, 'UMKM Juara dengan Digital', kami menyediakan layanan Creative Business Solutions di acara ini untuk mendampingi mereka onboard ke digital serta melakukan digital activation untuk mempromosikan produk shipper di booth Ninja Xpress. Kami berharap penyelenggaraan acara ini dan layanan yang kami berikan dapat memotivasi semangat mereka untuk bangkit menjadi UMKM Juara setelah dilanda pandemi."

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada Maret 2021, UMKM memberikan kontribusi hingga 61.07% terhadap produk domestik bruto (PDB). Kegiatan bisnis UMKM juga memberikan kesempatan pekerjaan untuk 97% tenaga kerja di Indonesia. Meskipun sebagai tulang punggung kedaulatan ekonomi bangsa makin kuat, UMKM masih menghadapi banyak tantangan. Menurut studi Suara UKM Negeri bersama dengan markplus pada tahun 2020, tantangan utamanya adalah pemasaran dan logistik untuk kembali bangkit pascapandemi.

Dalam pemasaran, inkonsistensi dalam brand storytelling menjadi salah satu tantangan yang sering ditemui. Ninja Xpress bertujuan mengatasi tantangan tersebut melalui Creative Business Solution, layanan yang disediakan gratis untuk UMKM. Layanan tersebut terdiri dari produksi foto dan video profesional melalui Creative Hub yang juga dibuka secara gratis bagi semua UMKM pada saat acara berlangsung di Cihampelas Walk, pendekatan ke mega influencer dan bantuan endorsement, hingga penyelenggaraan offline dan online event untuk memamerkan barang mereka.

Selama Ramadan 2022, puluhan UMKM telah menikmati layanan ini sehingga berhasil meningkatkan pengiriman barang mereka hingga 40% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Creative Hub, yang merupakan salah satu layanan unggulan dari Creative Business Solutions, kini sudah hadir di lima (5) lokasi, di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga Sumatera.

Baca Juga: Penjualan Online-nya Naik 40%, Pelaku UKM Apresiasi Creative Hub Ninja Xpress

Pada kesempatan ini, Ninja Xpress juga memamerkan produk-produk dari dua UMKM terpilih di bazaar yang dihadiri sekitar 80.000 pengunjung, yaitu brand Meika dan Beestore. Untuk menjangkau calon pembeli yang lebih banyak, Ninja Xpress juga melakukan kegiatan digital activation melalui endorsement dan kehadiran influencer untuk membantu pemasaran produk UMKM tersebut.

Dadang Sukanda, Head of Business Development Beestore yang turut hadir menyampaikan, "Salah satu hal yang kami butuhkan dalam pengembangan bisnis adalah mitra diskusi untuk mengetahui kebutuhan pasar agar kami tahu strategi yang harus dilakukan dari sisi pemasaran, dan Ninja Xpress menjadi mitra yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut."

Berbagai rangkaian acara turut digelar dalam peringatan Hari UMKM Nasional 2022 seperti Seminar Nasional "Memperkuat Profesi Pendamping sebagai Agregator dalam Ekosistem Kewirausahaan Nasional", lokakarya, Investment Days, perizinan, dan bazaar yang diikuti oleh 80 stand UMKM dengan potensi pengunjung sekitar 80.0000 orang. Acara peringatan ini juga menjadi momen spesial titik balik bangkitnya UMKM karena dapat dilakukan secara tatap muka setelah dua tahun pandemi.

Ninja Xpress siap membantu pengiriman paket dengan mudah melalui penjemputan langsung ke lokasi dengan terlebih dahulu mendaftar di https://selalusiap.ninjaxpress.id/.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: