Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sambut Indonesia Emas 2045, Timothy Ivan Motivasi Mahasiswa UAJY Jadi Pemimpin Masa Depan

Sambut Indonesia Emas 2045, Timothy Ivan Motivasi Mahasiswa UAJY Jadi Pemimpin Masa Depan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045. 

Merespon hal tersebut, Founder Komunitas Antikorupsi Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KOMUTASI FH UAJY), Timothy Ivan Triyono memberikan motivasi kepada 345 mahasiswa baru FH UAJY tahun ajaran 2022/2023 dalam acara Inisiasi fakultas, Jumat (19/8/2022). 

Timothy Ivan berpesan, agar mahasiswa FH UAJY memanfaatkan momentum perkuliahan dengan baik dengan cara fokus dan tekun belajar bukan hanya akademik saja, akan tetapi juga belajar berorganisasi, bergaul dengan berbagai komunitas, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, melatih kepemimpinan dan memperluas networking dan lainnya. 

Hal ini dilakukan agar mahasiswa tersebut bisa menjadi lulusan yang berkualitas dan di masa yang akan datang ia bisa memetik hasilnya dengan baik.

"Orang yang tidak banyak membaca, pasti tidak banyak tahu. Orang yang tidak banyak tahu, tentu sangat dekat dengan kebodohan. Dan kebodohan ini sangat dekat dengan kemiskinan," kata Timothy Ivan.

Menurut Timothy, jika selama kuliah, para mahasiswa tidak fokus dan tekun serta menutup diri, mereka bakal sulit meraih cita-cita dan menjadi orang yang sukses.

"Bangku kuliah itu penting. Sebab, bangku kuliah adalah salah satu tempat belajar terbaik. Akan tetapi, diluar bangku kuliah, juga ada banyak tempat belajar terbaik, yaitu sekolah kehidupan dan sekolah penderitaan," ujarnya. 

Lanjut Timothy, dalam dunia kerja, setiap perusahaan, tak hanya mencari lulusan yang pandai akademik saja, namun, perusahaan juga membutuhkan lulusan yang memiliki kualitas dalam berkomunikasi, jujur, kemampuan bekerja sama dengan tim bagus dan kemampuan interpersonalnya bagus.

Kemudian, etos kerjanya baik, motivasi yang tinggi, mampu beradaptasi, berkepribadian ramah, percaya diri, nilai IPK 3.0, sopan, kreatif dan lainnya.

Atas dasar tersebut, Timothy pun meminta para mahasiswa UAJY untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan terus mengasah keterampilan baik soft skill maupun hardskill yang dimilikinya dengan baik selama masa kuliah. Sebab, soft skill merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan seseorang untuk bekerja.

Timothy menjelaskan, setidaknya ada lima keterampilan dasar yang harus dimiliki para mahasiswa UAJY. Pertama, mempunyai comunication skill yang bagus.

Baca Juga: Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai di Jaringan ATM BCA

Halaman:

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: