Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiga Kemampuan Digital Ini Bisa Jadi Alat Promosi Budaya Lokal

Tiga Kemampuan Digital Ini Bisa Jadi Alat Promosi Budaya Lokal Kredit Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemanfaatan teknologi tak hanya untuk memudahkan kehidupan sehari-hari, namun bisa berfungsi untuk promosi budaya. Dengan pengguna internet yang kini mencapai 204,7 juta atau sekitar 73,7 persen dari populasi penduduk teknologi bisa menjembatani pelestarian budaya. 

Dosen Universitas Muhammadiyah Jember, Ulya Anisatur mengatakan partisipasi dan kolaborasi dalam budaya digital dapat dikembangkan dalam tiga hal antara lain penggunaan aplikasi berbasis wisata dan budaya seperti yang dibuat Pemerintah Daerah. Kedua adalah melalui konten kreatif tentang budaya dan wisata yaitu memerlukan peran aktif dan kolaborasi masyarakat dalam kegiatan kebudayaan untuk diunggah ke platform media yang ada. 

Baca Juga: Kemenag Minta Mahasiswa PTKI Kembangkan Kemampuan Digital

"Selanjutnya pemanfaatan fitur internet, fasilitas sosial media yang dimiliki netizen atau warga di suatu daerah itu sangat besar pengaruhnya di dalam membawa dan mengenalkan budaya daerah kepada dunia," kata Ulya saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (5/9/2022). 

Bahkan di Google Maps ada GMaps yang bisa digunakan untuk mendaftarkan tempat wisata tersebut. Sehingga saat orang lain menulis suatu kata kunci di mesin pencarian, lokasi tersebut bisa langsung muncul. Lebih lanjut ia mengatakan, dunia digital adalah dunia sekarang karena itu sebagai pengguna hendaknya mengisinya dan menjadikannya ruang berbudaya, tempat belajar, berinteraksi, tempat anak bertumbuh kembang dan sebagai bangsa bermartabat. 

Baca Juga: Tips Mengoptimalkan Kemampuan Digital

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida, Ketua STIKOSA AWS, Meithiana Indrasari dan Digital Marketing Anthusias dan Dosen Universitas Muhammadiyah Jember, Ulya Anisatur. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: