Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Netralisasi Rabies di Wilayah KTT G20, Kementan Lakukan Vaksinasi pada HPR di Bali

Netralisasi Rabies di Wilayah KTT G20, Kementan Lakukan Vaksinasi pada HPR di Bali Kredit Foto: Kementan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan perkuatan pengendalian Rabies pada hewan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia dengan melakukan gerakan vaksinasi hewan secara massal di Provinsi Bali pada Kamis (29/9/22).

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kasdi Subagyono memaparkan bahwa gerakan vaksinasi massal di Bali dilakukan untuk memastikan wilayah KTT G20 Hewan Penular Rabies (HPR) tervaksin.

Baca Juga: Fasilitasi Diskusi hingga Pertemuan Bilateral Negara G20 pada AMM 2022, Berikut Rincian Kementan

"Hari Rabies Sedunia merupakan momentum untuk memberikan peringatan kepada masyarakat dan kita semua di pemerintahan untuk senantiasa mengendalikan penyakit ini karena memang penyakit ini sangat berbahaya,"kata Kasdi dalam keterangannya, Kamis (29/9/22).

Kasdi memaparkan, rabies merupakan penyakit zoonosis, di mana penularan penyakit dari hewan ke manusia terjadi. Untuk itu, kata Kasdi, guna mengurangi dan mencegah kasus kematian akibat rabies pada manusia, maka Kementan melakukan koordinasi lintas sektor dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait hal tersebut, yang diantaranya kerja sama dengan World Organisation for Animal Health (WOAH), Badan Pangan, dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO)

"Dan mitra kerja bilateral seperti Australia juga kita lakukan. Upaya ini sudah dilakukan Kementerian Pertanian bersama seluruh pemerintah daerah utamanya saat ini adalah pemerintah Bali karena Bali merupakan salah satu central penyebaran Rabies juga,"kata Kasdi.

Kasdi mengatakan, pengendalian rabies harus dilakukan dengan masif. Dalam hal ini, dia mengatakan bahwa Kementan telah menyusun road map untuk pengendalian rabies.

Baca Juga: Dorong Kemandirian Petani Indonesia, SYL Sebut Kementan dapat Tantangan dari Jokowi, Apa Itu?

"Saya mengajak semua untuk bisa bahu membahu memberantas rabies secara berkesinambungan," terang Kasdi.

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: