Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengenal Vaksin COVID-19 Awcorna, Produk Dalam Negeri dengan Platform mRNA

Mengenal Vaksin COVID-19 Awcorna, Produk Dalam Negeri dengan Platform mRNA Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Selain Vaksin Indovac, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) juga  memberikan Emergency Use Authorization (EUA) pada Vaksin Awcorna pada Jumat (30/9/22). Sama seperti vaksin sebelumnya, Awcorna juga merupakan produk dalam negeri dengan platform mRNA yang didaftarkan PT Etana Biotechnologies Indonesia dan dikembangkan oleh Abogen-Yuxi Walvax.

Kepala Badan POM Penny K. Lukito mengatakan bahwa hal penting yang perlu diperhatikan pada Vaksin Awcorna, terutama bagi pihak sarana distribusi dan fasilitas pelayanan kesehatan adalah proses penyimpanan Vaksin AWcorna. 

Baca Juga: Akhiri Pandemi, Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid

"Walaupun termasuk vaksin platform mRNA, vaksin ini dapat disimpan pada suhu 2 – 8 Celcius," jelas Penny dalam konferensi persnya yang diikuti secara daring, Jakarta, Jumat (30/9/22).

"Dengan mempertimbangkan aspek keamanan, efikasi/imunogenisitas, mutu, dan pemenuhan prinsip CPOB, Vaksin AWcorna disetujui mendapatkan EUA untuk indikasi pencegahan infeksi virus SARS CoV-2 pada individu usia 18 tahun ke atas," jelasnya.

Penny memaparkan, dosis vaksinasi primer Vaksin Awcorna adalah 15 ug/dosis yang diberikan dalam 2 dosis suntikan dengan kurun waktu 28 hari. Sebagai vaksinasi booster heterolog, lanjut Penny, diberikan dalam 1 dosis sebanyak 15 ug/dosis setelah 6 bulan dosis kedua vaksinasi primer dengan menggunakan vaksin inaktivasi (Sinovac atau Sinopharm).

Berdasarkan hasil uji klinik, Penny menyebut bahwa efikasi Vaksin AWcorna terhadap wild type (virus COVID-19 yang belum bermutasi) sebesar 83,58%, sementara efikasi Vaksin AWcorna terhadap varian Omicron sebesar 71,17% dalam mencegah kasus COVID-19 sedang (moderate). 

Baca Juga: BPOM Beri EUA pada Vaksin Indovac, Begini Detail Penggunaannya!

Dia juga memaparkan bahwa keamanan vaksin AWcorna secara umum dapat ditoleransi dengan baik dan efek samping yang dilaporkan berisifat ringan. 

Baca Juga: PAN Jateng Dukung Pencapresan Ganjar Pranowo, Pengamat: Bisa Dapat Tiket Capres KIB

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: