Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Manuver Deklarasi Nasdem dan PSI Bikin Rusak Koalisi Jokowi, Faizal Assegaf Buka-bukaan: Gegara Anies Picu Konflik Serius

Manuver Deklarasi Nasdem dan PSI Bikin Rusak Koalisi Jokowi, Faizal Assegaf Buka-bukaan: Gegara Anies Picu Konflik Serius Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan deklarasi calon presiden (capres) yang akan diusungnya pada hari yang sama, yaitu Senin (3/10/2022). Dalam hal ini, Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan, sedangkan PSI capreskan Ganjar Pranowo.

Menanggapi pengumuman dua partai politik (parpol) tersebut, Kritikus Faisal Asseggaf menilai hal itu bisa diartikan pecahnya kongsi partai politik koalisi Joko Widodo (Jokowi). 

Baca Juga: Nasdem Usung Anies Jadi Capres 2024, Respons PA 212 Mau Ijtimak Ulama Dulu: Untuk Tentukan Capres Mana yang akan Kami Dukung

"Gegara Anies picu konflik serius PSI dan Nasdem. Teater politik kedua Parpol picu daya rusak di lingkaran Istana. Parpol koalisi Jokowi reta," jelasnya, Rabu (5/10/2022).

Dengan deklarasi dua partai yang sebelumnya berkoalisi itu, Faizal Assegaf menganggap sebagai pelecehan terhadap PDIP yang dulunya bagian dari koalisi yang sama.

Baca Juga: Nasdem Dianggap Pasang Badan Jika Ada yang Serang Anies Baswedan: Kalau Ada Apa-apa, Kita Tentu Bersama Dia

"Selain PSI yang agresif obrak-abrik hormoni Parpol Koalisi, muncul dinamika di internal Nasdem, kader potensial rame-rame hengkang," paparnya.

Walaupun jumlah kader Nasdem yang mundur usai pengumuman pencapresan Anies tidak signifikan, tapi bagi dia bisa mempengaruhi kondisi partai.

Baca Juga: Lihat Anies Pakai Private Jet, Ferdinand Hutahean: Dia Salah Satu Oligarki Migas?

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: