Wajib Tahu! Ini Dia 5 Cara Melakukan Sales Monitoring yang Tepat
Sales monitoring adalah kegiatan yang dilakukan oleh manajer atau supervisor sales untuk memantau, menganalisis, dan menyimpan semua detail aspek dari proses penjualan. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana proses penjualan bisnis berjalan di sebuah perusahaan.
Selain itu, sales monitoring juga dapat digunakan untuk memastikan kehadiran, memantau kinerja, dan Key Performance Indicators (KPI) perwakilan penjualan yang ada di lapangan. Dengan demikian, tim sales dapat memaksimalkan penjualan dan meminimalisir kesalahan atau masalah yang mungkin terjadi. Baca Juga: Komisaris Uni Eropa Desak Perlemen AS untuk Segera Selesaikan Regulasi Kripto
Namun, melakukan sales monitoring bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Anda membutuhkan bantuan dukungan seperti penggunaan aplikasi penjualan atau aplikasi sales lapangan yang memudahkan proses monitoring penjualan.
Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu melakukan beberapa cara sales monitoring yang tepat seperti berikut ini:
1. Membuat sales plan
Sales plan adalah outline perencanaan sales tahunan yang berisi prosedur untuk mencapai tujuan penjualan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan sales CRM yang merekam histori pembelian pelanggan untuk mengetahui riwayat belanja dan informasi mereka.
Kemudian, manfaatkan informasi tersebut untuk membuat sales plan yang sesuai dengan target pasar dan bisnis Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: