Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadirkan Kemudahan Belanja dan Dongkrak Performa Brand, TikTok Shop Luncurkan Shopping Center

Hadirkan Kemudahan Belanja dan Dongkrak Performa Brand, TikTok Shop Luncurkan Shopping Center Kredit Foto: Unsplash/Olivier Bergeron
Warta Ekonomi, Jakarta -

TikTok Shop baru saja mengumumkan fitur terbarunya yakni TikTok Shop Shopping Center di Indonesia. Fitur ini mempermudah pengguna untuk melakukan kegiatan jual beli, sambil tetap menikmati konten video yang menghibur di platform TikTok, mengacu pada konsep Shoppertainment yang mengutamakan hiburan sebelum mengajak pengguna untuk membeli produk di platform TikTok Shop.

Dengan TikTok Shop Shopping Center, pengguna bisa melihat pesanan, etalase barang yang dijual, riwayat belanja, berkomunikasi dengan penjual, mengatur alamat pengiriman, hingga proses pembayaran, semua dalam tab yang sama. Fitur ini memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mulus dan menyenangkan, yang mempersingkat alur belanja konsumen, membantu bisnis untuk berkembang, menginspirasi kreativitas, dan memaksimalkan kekuatan branding, semuanya dalam platform TikTok. Kategori dan pilihan produk yang dijual di TikTok Shop Shopping Center juga sangat beragam, mulai dari peralatan kecantikan, pakaian wanita, makanan, hingga alat elektronik.

Data TikTok Shop menunjukkan performa beberapa kategori brand meningkat dengan kontribusi dari TikTok Shop Shopping Center. Periode minggu pertama Oktober 2022, pada kategori FMCG, salah satu merchant yang meraih penjualan tinggi adalah Nagoya Mart, yang mengalami peningkatan GMV di tanggal 3-10 Oktober mencapai 209.7% dengan kontribusi TikTok Shop Shopping Center sebesar 59.2%. Selain itu, dari kategori elektronik, merchant dengan penjualan tertinggi diraih oleh Royalstoregadget dengan peningkatan GMV sebesar 797%, dengan kontribusi Shopping Center sebesar 21.1%.

Baca Juga: TikTok Hadirkan Kolaborasi Kreator dan Selebriti di Panggung Hiburan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan para pengguna yang ingin berjualan lewat Shopping Center ini, seperti konsistensi dalam mengunggah video pendek dengan audio dan gambar yang menarik.

Ada juga metodologi yang dilakukan oleh semua brand dan merchant yang performanya paling cemerlang, yaitu memberikan harga yang bersaing dan meningkatkan ragam produk, misalnya penjual grosir dapat mendorong dan merekomendasikan lebih banyak produk yang dibutuhkan pengguna, seperti minyak goreng, bumbu, minuman bubuk & produk susu yang paling laris.

 Hal ini telah dipraktekkan oleh beberapa brand yang sudah bergabung di TikTok Shop Shopping Center seperti Bedola88, yang menjual rak penyimpanan dengan kualitas tinggi tetapi harganya masih terjangkau. Selain menyajikan harga yang murah, Bedola88 juga konsisten mengunggah video singkat (short video) dengan konten dan sound yang sedang tren untuk mempromosikan produk dan sesi live nya di TikTok Shop. Bedola88 melakukan live streaming setiap hari di jam yang sama, dengan minimal durasi 3 jam. 

Untuk sesi live, brand ini juga memilih host yang komunikatif dan informatif agar bisa berinteraksi lebih baik dengan penonton. Dengan menggabungkan kreativitas dengan fitur-fitur di TikTok Shop, Bedola88 bisa meraih kenaikan GMV sebesar 92.9% dengan kontribusi TikTok Shop Shopping Center sebesar 15.1%.

Brand yang cukup ternama seperti Oppo juga telah mencoba fitur terbaru dari TikTok Shop ini. Oppo menjual produknya dengan harga terjangkau dan menyediakan flash sale atau diskon pada produk-produk terlaris mereka di TikTok Shop Shopping Center. Di momen 10.10, Oppo mengadakan give away untuk pengguna, mulai dari produk, aksesoris, makanan, voucher, speaker, dan barang menarik lainnya. Oppo juga bekerja sama dengan kreator untuk mempromosikan brand-nya, sehingga GMV yang dicapai selama momen belanja 10.10 lalu mencapai 42.3% dengan kontribusi Shopping Center sebesar 13.4%.

Baca Juga: Dukung Peningkatan Bisnis UKM, TikTok Shop Berkolaborasi dengan Ninja Xpress

Sebagai kontributor GMV teratas di bagian FMCG selama kampanye ini, Scarlett Whitening percaya kinerja luar biasa yang mereka dapatkan didasarkan pada strategi penjualan mereka yang menggabungkan harga kompetitif dengan strategi produk yang terfokus. Misalnya: dalam live streaming mereka hanya fokus pada produk FMCG dan mereka melakukan live streaming berturut-turut agar penonton bisa "walk in" dan berbelanja. Mereka juga meluncurkan produk baru selama live streaming dengan harga yang kompetitif sebagai "star products" untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, mereka bekerja sama dengan kreator TikTok melalui program afiliasi, dan secara aktif melakukan live streamingdengan TikTok Live Shopping Ads untuk menarik lebih banyak trafik.

Kombinasi antara strategi produk yang terfokus juga menjadi kunci sukses bagi top performer lain, yaitu Nagoya Mart yang dikenal menjual grosir bahan makanan, telah berhasil menjadi salah satu toko terlaris di TikTok Shop. Strategi mereka adalah mendongkrak penjualan melalui fitur Shopping Center. Lebih lanjut, untuk memenuhi kebutuhan pembeli dengan baik, Nagoya Mart selalu menjual produk dengan harga terjangkau dan kompetitif di pasaran.

Sementara itu, memasuki momen belanja 11.11 yang akan segera tiba, TikTok Shop akan menawarkan berbagai promo menarik untuk produk Computer/IT, Communication technology, Consumer electronics (3C) yang dapat diakses di TikTok Shop Shopping Center.

Pelanggan TikTok Shop bisa mendapatkan promosi dengan harga terbaik dengan adanya flash sale, kupon diskon, dan gratis ongkir di TikTok Shop Shopping Center. Dalam flash sale, akan ada smartphone yang harganya mulai dari Rp11.000 dan produk elektronik lainnya mulai dari Rp1.111. Dalam fitur TikTok Shop Shopping Center, terdapat banyak kupon yang tersedia, serta 3C crazy deal yang menawarkan produk elektronik super murah yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: