Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Konsumsi Rumah Tangga Menengah Atas Disebut Jadi Kontributor Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2022

Konsumsi Rumah Tangga Menengah Atas Disebut Jadi Kontributor Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2022 Kredit Foto: Antara/POOL/Nyoman Budhiana
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan konsumsi rumah tangga menengah ke atas menjadi salah satu penopang pertumbuhan perekonomian Indonesia pada kuartal III-2022. Seperti diketahui, ekonomi Indonesia pada periode tersebut tumbuh 5,72% yoy.

Melihat tren itu, Menkeu berencana akan mempertahankan tren hingga 2023 mendatang. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menjaga inflasi agar daya beli rumah tangga dapat bertahan.

"Kami melanjutkan kepercayaan ini pada kuartal keempat tahun ini dan pada tahun 2023," kata dia saat 4th Indonesia Fintech Summit 2022 yang dipantau secara virtual, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: BI Proyeksikan Nilai Ekonomi Digital Indonesia Sentuh US$360 Miliar di 2030

Selain itu, simpanan di bank juga menjadi indikator potensi pertumbuhan tren konsumsi rumah tangga menengah ke atas. Tabungan rumah tangga dengan nominal di atas Rp2 miliar dalam sistem perbankan masih berada di tingkat pertumbuhan dua digit, yakni 10%.

Dengan tingkatan yang berada di atas tingkat pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) nasional, Bendahara Negara optimistis rumah tangga kelas menengah atas masih memiliki daya beli yang baik.

Terlebih, pandemi juga turut mengubah perilaku konsumen. Sri Mulyani yakin pengelolaan pandemi di Tanah Air yang baik menjadi faktor pertahanan daya beli masyarakat.

"Ketika kita dapat mengelola pandemi, di situlah orang memiliki mobilitas yang lebih baik dan menggunakan daya beli mereka," tuturnya.

Baca Juga: Kiriman Sekarung Kobra ke Rumah Wahidin Halim Jelang Anies Baswedan Datang, Said Didu: Mereka Betul-betul Jahat!

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua