Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menparekraf Apresiasi Kongres Pemerintah Daerah Asia Timur Dorong Kebangkitan Parekraf Pascapandemi

Menparekraf Apresiasi Kongres Pemerintah Daerah Asia Timur Dorong Kebangkitan Parekraf Pascapandemi Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan 11th East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC) yang salah satunya membahas strategi dan upaya bersama mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pascapandemi dalam upaya mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara "Welcoming Dinner EALRGC 2022" di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022) malam, mengatakan, kongres ini merupakan momen penting untuk membangkitkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, sekaligus menjadi sumber inspirasi guna menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat sasaran, dan tepat waktu, serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang salah satunya ditopang melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Kemenparekraf Dukung IdeaFest 2022 Perkuat Pertumbuhan Industri Kreatif Indonesia

"Isu utama dalam kebangkitan pascapandemi yang juga baru saja disetujui di Bali saat G20, adalah isu-isu yang berkaitan dengan digitalisasi, kesehatan, dan juga transformasi energi hijau. Tentu ini akan sangat menarik untuk dibahas dalam level (pemerintah) regional dan lokal," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/11/2022).

East Asia Local and Regional Government Congress beranggotakan 75 kepala daerah dari 7 negara di Asia Timur seperti Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Di EALRGC ke-11 yang berlangsung pada 23 hingga 24 November 2022 di Trans Luxury Hotel, Bandung, ini diikuti oleh 92 delegasi dan 8 observer.

Menparekraf sandiaga menjelaskan industri pariwisata Indonesia saat ini sedang bergerak naik meski jumlahnya masih di bawah 20 persen dari prapandemi.

Per September 2022, total kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2022 sebesar 2,4 juta pengunjung dengan lima negara teratas penyumbang wisman ke Indonesia yakni Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris.

Baca Juga: Kemenparekraf Luncurkan 'Beti Dewi' Promosikan Paket Wisata ke Desa Wisata

"Kami sangat yakin dengan kekayaan alam dan budaya, termasuk di Jawa Barat dengan kekayaan produk kreatif lokalnya, jumlah ini (kunjungan wisman) akan terus meningkat hingga akhir tahun," kata Sandiaga.

Efektivitas kebijakan publik di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan perekonomian nasional sangat penting. Untuk itu, Kemenparekraf membuat tiga strategi, yakni Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (gali semua potensi lapangan kerja).

Baca Juga: Said Didu Tegaskan Ada 10 Agenda yang Harus Dilakukan Anies Baswedan Jika Terpilih Jadi Presiden 2024

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: