Selling atau menjual adalah proses membujuk pelanggan potensial untuk membeli beberapa barang atau jasa sehingga kepentingan pembeli dapat terpenuhi dan penjual mendapatkan bayaran.
Biasanya, menjual berarti memberikan sesuatu seperti produk apapun dengan imbalan uang. Dalam penjualan harus ada pertukaran uang antara pembeli dan penjual. Jika pertukaran uang tidak dilakukan di antara mereka, transaksi semacam itu bukan penjualan.
Rasio penjualan perusahaan bisnis meningkat atau menurun tergantung pada pengaruh kemampuan penjual dan kecerdasannya serta strategi perusahaan dalam implementasi program penjualan.
Terlepas dari itu, sifat penjualan sangat bergantung pada jenis produk dan tempat penjualan. Sifat penjualan yaitu interaktif, adaptif, bergantung pada argumen yang kompleks, hubungan pribadi, bergantung pada peluang yang ada untuk menutup penjualan, berdasarkan panggilan penjualan yang mahal, dan kemampuan dan keterampilan wiraniaga.
Baca Juga: Apa Itu Customer Oriented?
Penjualan adalah aktivitas individu dan institusional. Dalam proses penjualan, penjual yang terlibat berusaha memberikan pengetahuan dan informasi tentang produk kepada calon pembeli. Ini membantu pembeli untuk mengetahui dan membandingkan antara produk pesaing mana yang terbaik untuk dibeli dan mana yang tidak.
Terlepas dari siapa yang memicu proses penjualan, aktivitas penjualan terdiri dari dua aktivitas inti; Percakapan dan Komitmen. Selama proses penjualan, penjual akan melibatkan pembeli dalam serangkaian percakapan terencana untuk meyakinkan pembeli bahwa solusi mereka akan menyelesaikan kebutuhan atau masalah yang dimiliki pembeli.
Ini juga mengharuskan penjual membuat pembeli membuat serangkaian komitmen selama setiap percakapan untuk memastikan bahwa proses penjualan membuat kemajuan menuju keputusan akhir. Di akhir proses penjualan, jika pembeli membuat komitmen untuk membeli, mereka akan menyepakati harga dan persyaratan lainnya sebagai ganti penjual yang mengirimkan produk atau layanan.
Penjualan melibatkan banyak aktivitas yang berbeda, keterampilan menjual atau menjual ini akan mencakup panggilan dingin, penjangkauan email dingin, penjualan sosial, pencarian penjualan, menangani panggilan masuk, pengembangan bisnis, memelihara hubungan, mengatasi keberatan, berurusan dengan banyak kontak dalam suatu organisasi, melibatkan pelanggan, menyarankan ide, mempresentasikan rencana dan solusi, menegosiasikan harga dan menutup transaksi.
Ini juga mencakup keterampilan seperti pengetahuan bisnis tentang produk, pasar, tren, dan tantangan bisnis. Dibutuhkan ini dan lebih banyak lagi bagi penjual untuk melakukan pertukaran nilai antara pembeli dan mereka sendiri.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: