Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Perkuat Ketahanan Pangan Dunia, Menlu Retno: Bukti Negara Berkembang Bisa Jadi Pemimpin!

Indonesia Perkuat Ketahanan Pangan Dunia, Menlu Retno: Bukti Negara Berkembang Bisa Jadi Pemimpin! Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan pidato pembukanya pada Pertemuan Tingkat Menteri ke-4 Archipelagic and Island States (AIS) Forum, pada Selasa (6/12/2022).
 
Retno mengatakan Indonesia berkontribusi besar dalam proyek-proyek untuk memperkuat ketahanan pangan di negara berkembang pulau kecil atau small island developing states (SIDS) Pasifik. 
 
"Kepresidenan Indonesia di G20 tidak hanya menghasilkan narasi, tetapi juga setidaknya  361 proyek konkret senilai sekitar USD300 miliar yang beberapa di antaranya didedikasikan untuk SIDS," kata Retno dalam keterangan resmi, Selasa (6/12/2022).
 
Retno memaparkan ini merupakan kali pertama SIDS diundang ke pertemuan G20. "Kami tahu betul bahwa kami juga harus mendengarkan suara mereka dan menyampaikan keprihatinan mereka," lanjutnya.
 
Tak hanya itu, Retno juga menyoroti andil Indonesia dalam pembangunan risiko bencana dan kapasitas adaptasi perubahan iklim di negara-negara komunitas karibia (CARICOM). 
 
Retno menilai, dari hal-hal tersebut, KTT G20 memberi dua pelajaran penting. Pertama, semua negara memiliki kedudukan yang sama dalam membentuk agenda global.
 
"Kita semua memiliki tanggung jawab dalam tata kelola global dan Indonesia membuktikan bahwa negara berkembang juga bisa memimpin," tuturnya.
 
 
Selain itu, Retno melanjutkan, semua negara harus fokus pada pencapaian hasil yang nyata dan berdampak bagi masyarakat kita dan dunia.
 

Baca Juga: Demokrat Resmi Usung Anies Baswedan Bacapres 2024, Orang PSI Angkat Suara: Nggak Mengejutkan

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua