Memasuki tahun 2023, startup F&B multiplatform Dailybox Group membawa optimismenya setelah menorehkan sejumlah catatan positif pertumbuhan bisnis selama tahun 2022.
Setelah mencatat EBITDA positif dan pertumbuhan pendapatan mencapai dua kali lipat YoY pada tahun 2022, Presiden Director Dailybox Group Kelvin Subowo menyampaikan bahwa Dailybox Group telah mempersiapkan beberapa siasat untuk menyongsong tahun 2023 dengan optimisme.
Di tengah situasi ekonomi dengan bayang-bayang resesi dan tantangan musim dingin pada beberapa faktor makroekonomi, Kelvin menyebut bahwa dasar utama dari siasat yang dijalankan oleh Dailybox Group untuk mempertahankan kinerja positif adalah dengan memperhatikan laju pertumbuhan bisnis dan efisiensi pembiayaan.
Baca Juga: Capai Pendapatan Dua Kali Lipat pada 2022, Ini Strategi Bertahan Dailybox Group di Era Pandemi
"Sebenarnya orang memang sering ngomongin kami ini startup sedang banyak banget tech winter istilahnya. Kalau startup itu kan istilah startup saya selalu bilang begitu start langsung up, start langsung grow. Jadi salah satu yang kami perhatikan adalah bagaimana menjaga growth-nya atau up-nya itu jangan terlalu agresif juga," tutur Kelvin kepada media pada Senin (23/1/2023).
Kelvin menekankan bahwa pertumbuhan atau growth perusahaan harus tetap ada, namun dengan catatan tidak ditargetkan secara agresif seperti sebelumnya, hal ini karena dengan memperhatikan pada pertimbangan terhadap demand atau konsumen yang ada, di mana saat ini kondisi konsumen juga terpengaruh oleh berbagai gejolak ekonomi seperti inflasi dan lain sebagainya.
"Jadi kami juga harus conscious, khususnya juga dari segi rekrutmen dan juga kami sangat berhati-hati untuk menjaga cost," ujar Kelvin. Ia menambahkan, "satu hal yang saya sangat bersyukur masuk ke tahun 2023 selain karena tadi ada pertumbuhan dua kali lipat pada tahun 2022, itu sebenarnya menurut saya bisnis ada up and down-nya, dan yang kami syukuri [pada tahun 2023] itu adalah kami tidak melakukan lay-off, malah total staff kami double. Salah satunya karena pembukaan outlet-nya lebih banyak. Jadi ini salah satu hal yang saya syukuri."
Setelah menghadapi masa sulit pandemi pada tahun lalu, Kelvin menerangkan bahwa belajar dari pengalaman yang ada, untuk menghadapi bayang-bayang resesi dan tantangan ekonomi yang ada pada tahun 2023 ini, tim yang kuat dan solid adalah salah satu kunci penting yang dibutuhkan.
"Jadi dalam menghadapi resesi, penting juga memiliki tim yang kuat dan solid. Jadi saya boleh bilang tim saya ini semuanya pasukan perang kita di lapangan, jadi itu bukan membuat mereka berpikir ini pekerjaan tapi mereka harus tahu ini adalah passion. Kita memiliki visi yang harus bisa kita eksekusi," terangnya.
Ia turut menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan yang ada, Dailybox Group juga memiliki prioritas untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Tidak hanya itu, Kelvin turut menyebutkan terkait dengan kemitraan bersama berbagai pihak, termasuk pelaku UMKM di sektor makanan dan minuman. Kolaborasi ini, selain untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan juga dapat menghemat cost untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan ekonomi nasional.
"UMKM saya bilang berpengaruh sangat penting terhadap grup kami. Karena inilah salah satu kultur grup kami adalah kolaborasi," ujar Kelvin.
"Dengan kolaborasi kami menjadi sebuah platform [...] Jadi menghadapi yang dibilang resesi atau apapun itu, kami percaya produk dan perusahaan kami akan selalu bisa melewati badai demi badai. Tapi kuncinya tadi di people, bagaimana kita bisa engage dengan baik, dan selanjutnya adalah passion kami, dan bekerja sama dengan pelaku UMKM itu," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti
Advertisement