Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu B2B Partnership?

Apa Itu B2B Partnership? Kredit Foto: Unsplash/The Creative Exchange
Warta Ekonomi, Jakarta -

B2B partnership adalah kolaborasi antara perusahaan dan perusahaan, organisasi, atau individu lain yang tujuannya adalah untuk membantu mendorong pertumbuhan dan pendapatan. B2B berarti bisnis-ke-bisnis, jadi ciri kemitraan B2B adalah terjadi antara dua atau lebih bisnis. Kemitraan tersebut dapat berupa pengembangan produk, pemasaran, integrasi, atau lainnya.

B2B partnership atau kemitraan B2B biasanya antara dua atau lebih bisnis yang saling melengkapi tetapi tidak kompetitif. Kemitraan B2B dalam industri teknologi dapat mencakup afiliasi, mitra rujukan, dan pengecer.

Banyak pakar industri mengambil bisnis kecil di bawah sayap mereka untuk membantu mereka tumbuh. Untuk bisnis skala kecil, kemitraan semacam ini bisa sangat bermanfaat. Aliansi ini dapat membantu Anda mengembangkan jaringan dan menghubungkan Anda dengan pakar industri lain atau pelanggan potensial.

Baca Juga: Apa Itu Cashless Society?

Transaksi B2B biasa terjadi dalam rantai pasokan tipikal, karena perusahaan membeli komponen dan produk seperti bahan baku lain untuk digunakan dalam proses manufaktur. Produk jadi kemudian dapat dijual kepada individu melalui transaksi bisnis-ke-konsumen.

Dalam konteks komunikasi, B2B mengacu pada metode dimana karyawan dari perusahaan yang berbeda dapat terhubung satu sama lain, seperti melalui media sosial. Jenis komunikasi antara karyawan dari dua atau lebih perusahaan disebut komunikasi B2B.

Transaksi B2B memerlukan perencanaan agar berhasil. Transaksi semacam itu bergantung pada personel manajemen akun perusahaan untuk membangun hubungan klien bisnis. Hubungan bisnis-ke-bisnis juga harus dipupuk, biasanya melalui interaksi profesional sebelum penjualan, agar transaksi berhasil.

Praktik pemasaran tradisional juga membantu bisnis terhubung dengan klien bisnis. Publikasi perdagangan membantu upaya ini, menawarkan peluang bisnis untuk beriklan di media cetak dan online. Kehadiran bisnis di konferensi dan pameran dagang juga membangun kesadaran akan produk dan layanan yang diberikannya kepada bisnis lain.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: