Sukses Bawa UMKM Naik Kelas, Program Pinky Movement Pertamina Raih Gold Winner di Ajang PRIA 2023
PT Pertamina (Persero) mencetak prestasi gemilang dengan meraih penghargaan Gold Winner, melalui program Pinky Movement pada ajang bergengsi penghargaan Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2023, yang digelar di Aston Denpasar Hotel & Convention Center pada Jumat (17/3/2023).
PRIA 2023 merupakan ajang kompetisi program komunikasi dan kehumasan yang diselenggarakan oleh PR Indonesia. Kompetisi yang bertemakan “Komunikasi untuk Peradaban Negeri” ini memberikan penghargaan bagi program kehumasan terbaik yang berhasil memberikan terobosan bagi para praktisi komunikasi, korporasi atau instansi dalam mengukur kinerja selama satu tahun.
“PR adalah sebuah elemen yang sangat strategis di setiap perusahaan maupun organisasi, ajang kompetisi PRIA yang ke-8 ini menegaskan bahwa seluruh pemenang penghargaan PRIA 2023 adalah Para PR yang strategis di perusahaannya masing-masing," ujar Asmono Wikan, CEO PR Indonesia dalam sambutannya.
Dalam ajang tersebut, Pertamina berhasil meraih enam penghargaan sekaligus dengan Kategori Kanal Digital Sub Kategori Media Sosial Instagram Silver Winner, Kategori Owned Media Sub Kategori E-Magazine Energia-Edisi Agustus 2022 Silver Winner, Kategori Program CSR Sub Kategori Sustainability Business Gold Winner dan Penghargaan CSR Campaign of The Year, Kategori Program PR Sub Kategori Digital PR Energizing Your Future with Pertamina’s B20 Campaign Silver Winner, Kategori Program PR Sub Kategori Marketing PR Pertamina MotoGP Mandalika 2022 “Energi untuk Berani Melesat” Silver Winner.
Program CSR Sub Kategori Sustainability Business, merupakan salah satu sub kategori yang dimenangkan oleh Pertamina, melalui program Pinky Movement. Yaitu program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang memberikan bantuan berupa kredit pinjaman untuk outlet Bright Gas sebagai jaringan distribusi resmi LPG NPSO serta Pangkalan LPG PSO yang tertarik menjual Bright Gas di seluruh Indonesia.
Pinky Movement merupakan program TJSL berkonsep Creating Shared Value (CSV) dengan penguatan utama pada peningkatan kapasitas pelaku UMK yang dijalankan dengan mendekatkan proses inti bisnis Pertamina. Pinky Movement dapat menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama (shared), tanpa salah satu diutamakan atau dikesampingkan.
Dalam mengkampanyekan program Pinky Movement, Pertamina memiliki strategi komunikasi dengan berbagai pendekatan. Salah satunya komunikasi antarbudaya dengan mengedepankan kearifan lokal masing-masing wilayah.
Selain itu juga dilakukan pendekatan melalui beberapa program publikasi, yaitu melalui press release, platform media internal, dan media partner eksternal, dengan menampilkan icon Miss Pinky dalam program Grebeg Pinky. Program ini menekankan pada upaya konkret untuk menurunkan beban subsidi dan menjadi tepat sasaran.
Program Pinky Movement diluncurkan pada tahun 2020, di mana hingga tahun 2022 telah menyasar sebanyak 881 outlet serta 854 usaha kecil pengguna LPG subsidi, dimana bantuan yang sudah disalurkan untuk seluruh UMKM binaan sudah mencapai Rp174,7 miliar.
VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman dalam kesempatan terpisah mengungkapkan, beberapa penghargaan telah diterima oleh Pertamina dalam rentang waktu yang berdekatan, sehingga hal ini menjadi satu prestasi yang harus di banggakan sekaligus mengingatkan kami untuk terus menjalankan pogram TJSL secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.
“Penghargaan yang diraih oleh Pertamina menjadi bukti bahwa Pertamina menunjukan komitmennya untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam rangka menggerakan roda perekonomian,“ tutur Fajriyah Usman.
Melalui program PUMK, diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya, untuk terus menghasilkan produk-produk yang inovatif, dan cepat beradaptasi untuk mengikuti tren pasar, sehingga produk lokal mampu bersaing dan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.
Pertamina terus berupaya untuk meningkatkan kinerja Environmental, Social & Governance (ESG) terutama di bidang sosial dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. ESG juga merupakan langkah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya yang bertujuan pada keberlanjutan bisnis secara jangka panjang.
Secara keseluruhan, Pertamina berkomitmen menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tangung jawab lingkungan dan sosial.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait:
Advertisement